Baku Tembak, Buronan Pemasok Senjata KKB Dibekuk Petugas

JurnalPatroliNewsJakarta – Satgas Nemangkawi berhasil menangkap buronan Kopengga Enumbi yang diduga menjadi pemasok kebutuhan logistik teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Tak hanya itu, Kopengga juga diduga melakukan pencurian senjata api milik petugas.

Penangkapan terhadap Kopengga dilakukan sekitar pukul 11.20 WIT, di Kampung Puncak Senyum, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (3/8).

“Berhasil menangkap DPO kasus pencurian senjata dan kekerasan, delapan senjata indeks Pospol Kulirik, Kabupaten Puncak Jaya atas nama Kopengga Enumbi,” ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Selasa (3/8).

Dikatakan Kamal, aksi pencurian senjata itu terjadi pada 4 Januari 2014 dan 5 Desember 2018. Kopengga disebut tercatat sebagai buron dalam berkas DPO/82/XII/2018/DITRESKRIMUM.

Saat hendak ditangkap, tim satgas gabungan TNI-Polri terlibat dalam baku tempat dengan kelompok Kopengga Enumbi. Hanya saja, buronan itu kemudian berhasil dilumpuhkan.

“Selama ini Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi berperan dalam memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KSTP Yambi dibawah pimpinan Lekagak Telenggen,” ucap Kamal.

Dari data kepolisian, disebutkan bahwa buronan itu merupakan adik kandung dari Lerimayu Enumbi yang merupakan anggota KKB.

Dalam penangkapan itu, Satgas mengamankan 11 butir amunisi jenis SS1 kaliber 5,56 mm, sebuah pisau badik, satu helm warna hijau stabilo, satu HP samsung, rokok, pinang dan tas noken.

“Satgas Nemangkawi akan terus bersinergi dan menindak tegas separatis maupun kelompok kriminal bersenjata yang mengancam kamtibmas Papua,” pungkas Kamal.

Komentar