Nasional

Puan Singgung Aksi Kekerasan KKB di Papua dalam Rapur Pembukaan Masa Sidang

Avatar
×

Puan Singgung Aksi Kekerasan KKB di Papua dalam Rapur Pembukaan Masa Sidang

Sebarkan artikel ini
Pidato Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam agenda Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (16/5/2023). Foto: Zamachsyari/kumparan

JurnalPatroliNews -Jakarta – DPR RI membuka Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023. Saat membuka masa sidang, Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung sejumlah hal, termasuk aksi kekerasan yang terus dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua beberapa waktu terakhir.

Puan pun menyinggung soal aksi kekerasan yang dilakukan KKB dan meminta pemerintah menyiapkan strategi khusus untuk mengatasinya.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

“Aksi kekerasan yang terus dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua juga menjadi perhatian DPR RI,” kata Puan, Selasa (16/5).

Dia juga meminta pemerintah untuk mencari solusi dan strategi untuk mengatasi situasi itu.

“Pemerintah harus dapat mencari solusi dan strategi yang tepat untuk mengatasi situasi yang tidak aman dan aksi yang mengancam warga sipil bahkan aksi yang telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Baik dari kalangan prajurit TNI maupun warga sipil,” lanjutnya.

Dalam pidatonya, Puan juga menyinggung terkait fungsi pengawasan. Dia menilai, AKD DPR akan berfokus terhadap berbagai permasalahan yang menjadi perhatian rakyat. Puan merinci berbagai permasalahan yang menjadi perhatian DPR.

“Seperti maraknya kasus kekerasan yang dilakukan oleh anak di bawah umur, permasalahan kasus kekerasan pada Pekerja Migran Indonesia (PMI), perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan (Nakes), proses pengangkatan guru ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1444 H/2023 M,” rincinya.

Pembukaan Masa Persidangan V DPR Tahun Sidang 2022-2023 digelar dalam Rapat Paripurna yang diselenggarakan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5/2022). Rapat Paripurna kali ini dipimpin langsung oleh Puan.

Penulis: KumparanEditor: Muhammad Arya Putra