Beda BKN Dulu dan Kini soal ‘Pilih Al-Qur’an atau Pancasila’ di TWK KPK

JurnalPatroliNews, Jakarta – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana akhirnya menjelaskan maksud pertanyaan tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai KPK soal Pancasila atau Al-Qur’an. Padahal, sebelumnya mengatakan pihaknya tidak berwenang untuk mendiskusikan materi TWK secara terbuka.

Pertanyaan soal memilih Al-Quran atau Pancasila ini merupakan salah satu materi dalam TWK. Pertanyaan ini ramai dibahas usai mantan juru bicara KPK Febri Diansyah menyorotinya.

“Pilih yang mana, Al-Qur’an atau Pancasila mengingatkan saya pada pertanyaan tes wawasan kebangsaan KPK,” kata tulis Febri melalui akun Twitternya, @febridiansyah, Selasa (1/6/2021).

Lalu Febri menceritakan salah satu pegawai itu memilih Al-Qur’an dan Pancasila dalam konteks yang berbeda.

“Pegawai jawab, dalam konteks beragama saya memilih Al-Qur’an. Dalam konteks bernegara, saya memilih Pancasila. Pewawancara mendesak beberapa kali, harus pilih salah satu, dan seterusnya,” kata Febri.

“Sampai hari ini, tidak ada penjelasan yang klir dari penyelenggara tes tentang pertanyaan-pertanyaan kontroversial tersebut. Wawasan kebangsaan apa yang dikehendaki? Sungguh menyedihkan,” ujarnya.

BKN Tak Berwenang Bahas Materi TWK
Bima Haria Wibisana sempat mengklaim pihaknya tidak mempunyai kewenangan mendiskusikan materi TWK secara terbuka karena dinilai bisa melanggar kode etik asesor.

“Saya tidak berwenang mendiskusikan materi TWK secara terbuka karena menyangkut kode etik asesor dan materinya merupakan yg dikecualikan oleh UU KIP (Keterbukaan Informasi Publik). Silakan saja media mempersepsikan seperti itu,” ujar Bima kepada detikcom, Selasa (1/6/2021).

Bima mengatakan pihaknya mempunyai dokumen lengkap dalam TWK para pegawai. Dokumen itu di antaranya tes tertulis, profiling, dan rekaman video atau audio saat wawancara pegawai KPK.

“Kami memiliki dokumen lengkap tes tertulis, profiling, dan rekaman video atau audio wawancara setiap pegawai KPK yang ikut tes,” ungkap Bima.

Bima kembali menegaskan, materi TWK itu tidak bisa dibuka kepada publik. Materi TWK itu hanya bisa dibuka dalam forum resmi ataupun pengadilan.

“Hanya dapat dibuka di forum resmi dan atau pengadilan. Tidak di media,” jelasnya.

BKN Jelaskan Maksud Pertanyaan ‘Al-Quran atau Pancasila’

Akhirnya Bima pun menjelaskan maksud pertanyaan tersebut. Dia menyebut adanya pertanyaan itu masuk dalam materi TWK lantaran hasil indeks moderasi bernegara (IMB-68) dan profiling jeblok.
“Ini sebetulnya pertanyaan berat. Kalau ada seseorang yang ditanya asesor pilih Al Quran atau Pancasila maka dia termasuk kategori berat,” kata dia di Jakarta, Sabtu seperti dilansir Antara, Minggu (20/6/2021).

Bima menyebut pertanyaan itu digunakan asesor karena pertanyaan itu paling sering digunakan oleh teroris untuk merekrut calon-calon teroris.

Oleh sebab itu, para asesor akan melihat respons dari peserta tes wawasan kebangsaan (TWK) yang ditanyakan perihal memilih Pancasila atau Al Quran.

Bima mengatakan bahwa jika seseorang memiliki pemahaman agama atau Pancasila yang terbatas maka dengan cepat akan menjawab agama. Namun, jika peserta tersebut memiliki pemahaman agama yang lebih baik, ia akan bingung lantaran dalam agama ada unsur Pancasila dan Pancasila juga tidak bertentangan dengan agama.

“Jadi kebingungan inilah yang ditangkap oleh asesor sehingga mengetahui seseorang berada di level mana,” ujar Bima.

Bima menegaskan makna dari pertanyaan memilih Pancasila atau Al Quran dalam TWK sejatinya bukan perkara Pancasila atau agama. Pertanyaan itu, kata Biman, melainkan lebih kepada melihat respons dari peserta.

“Perlu diketahui sebenarnya yang ingin dilihat asesor adalah respons dari pertanyaan, bukan jawabannya,” kata dia.

Alasan BKN Jelaskan Materi TWK

Bima sempat mengaku tak berwenang mendiskusikan materi TWK. Namun, pada akhirnya Bima menjelaskan maksud pertanyaan Pancasila atau Al-Quran di TWK. Dia mengklaim tidak sedang membedah pertanyaan tersebut, tetapi hanya menjelaskannya.

“Itu tidak dibedah. Pertanyaan susulannya masih banyak sekali. Hanya menjelaskan maksud pertanyaan yang sudah jadi viral di publik supaya menjadi jelas bahwa yang dinilai adalah respons dan keyakinannya terhadap pertanyaan tersebut,” tutur Bima saat dihubungi, Minggu (20/6/2021).

(dtk)

Komentar