Benny Susetyo: Cari Pemimpin Yang Menjiwai Pancasila

Salah satu rohaniwan Katolik ini juga mengajak pemuda untuk melek politik lewat teknologi.

“Anda punya gadget, anda punya akses ke internet. Cari tahu peta perpolitikan Indonesia. Cari tahu partai politik mana yang anda dapat salurkan suara anda. Cari tahu siapa calonnya, peluang partai dan calonnya bagaimana, dan dapilnya dimana. Itu pemilih yang smart,” katanya.

“Lalu, memilih orang nomor satu, kita tidak bisa main-main dan cari rekam jejak mereka. Cari pemimpin yang berjiwa Pancasila, dengan menjalankan Pembukaan UUD 1945. Itu tugas dan amanatnya.

Salah satu melek politik, juga, menurut Benny, adalah membangun kesadaran kritis.

“Bangun kesadaran kritis lewat media sosial anda. 130 juta pengguna media sosial di Indonesia. Anda harus bisa dan mengajarkan sekeliling anda untuk dapat memilih news yang baik dan buruk, mana yang benar dan hoaks, yang mengancam keutuhan bangsa atau tidak. Kesadaran literasi digital harus kritis, sehingga dapat memperkuat kesadaran kecintaan bangsa.”

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP ini pun menutup paparannya dengan sebuah seruan.

“Carilah pemimpin yang memiliki nilai-nilai Pancasila. Anda dapat mempengaruhi teman-teman anda dan keluarga anda untuk tidak salah memilih pemimpin. Kesadaran politik itu penting, dengan kesejahteraan umum itu hukum tertinggi. Pilihlah pimpinan yang menjiwai Pancasila,” tutupnya.

Komentar