Bisa-bisa Indonesia Jadi Negara Termiskin’, UMP Jateng Paling Rendah, ‘Gubernurnya Pengen Jadi Presiden

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pegiat media sosial Eko Jhones menyoroti Upah Minimum Provinsi (UMP) Jateng 2023 yang berada pada posisi terendah dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Menurut dia, jika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi presiden maka Indonesia bisa menjadi negara termiskin.

Hal itu disampaikan Eko Jhones dalam akun Twitter pribadinya, pada Rabu 3 Mei 2023.

“Wis ngeri UMP Jateng terendah tpi Gubernurnya pengen jadi presiden. Bisa-bisa Indonesia jadi negara termiskin dipimpin orang yg gak bisa kerja,” ujar dia seperti dikutip dari WE NewsWorthy.

Diketahui, merujuk ke tahun 2021 silam, Anies resmi menetapkan upah minimum provinsi (UMP) Jakarta tahun depan naik menjadi 5,1% dari yang semula 0,85%. 

Sebelum kebijakan ini muncul ada berbagai rangkaian kebijakan dari pemerintah pusat soal UMP 2022.

Awalnya Kementerian Ketenagakerjaan memberikan arahan kepada para kepala daerah bahwa kenaikan upah minimum rata-rata seharusnya berada di angka 1,09%.

Sedangkan Anies  menaikkan lebih tinggi dari batas permintaan buruh, yakni sebesar 5,1% atau senilai Rp 225.667. Dengan kenaikan UMP ini pemrrov DKI mengharapkan daya beli masyarakat tidak turun tahun depan.

“Dengan kenaikan Rp 225 ribu per bulan, maka saudara-saudara kita, para pekerja dapat menggunakannya sebagai tambahan untuk keperluan sehari-hari. Yang lebih penting adalah melalui kenaikan UMP yang layak ini, kami berharap daya beli masyarakat atau pekerja tidak turun, kata Anies dalam siaran persnya pada Sabtu (18/12/2021) silam.

Komentar