BNPB Raih Predikat “BAIK” Penilaian Sistem Merit Tahun 2021

JurnalPatroliNews – BANDUNG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar kegiatan Penyerahan Hasil Verifikasi Sistim Merit di Lingkungan BNPB pada Kamis (11/11) hingga Jumat (12/11) di Hotel Arydauta Bandung. Hasil verifikasi tersebut menilai sistem merit di lingkungan BNPB berada pada kategori III atau berpredikat BAIK. 

Predikat tersebut, salah satunya membuka jalan bagi BNPB untuk dapat melaksanakan Pengisian Jabatan Struktural tanpa melalui sistem terbuka dengan mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN). 

Meski sudah masuk dalam kategori baik, menurut Mugy Syahriadi, Asisten Komisioner KASN Wilayah 1, ada beberapa hal yang masih harus ditingkatkan dan menjadi perhatian pimpinan maupun seluruh pegawai di lingkungan BNPB. Perbaikan dan peningkatan utama yang harus dilakukan terletak pada poin penilaian kinerja pegawai, kesenjangan kompetisi pegawai, dan manajemen talenta yang berkesinambungan. 

“Magang, coaching, dan mentoring perlu ditingkatkan secara periodik,” jelas Mugy. 

Sementara itu, Kepala Biro SDM dan UMUM BNPB Eny Supartini menilai, kunci dari sistim merit yang baik adalah komitmen dari para pimpinan dan seluruh pegawai. 

“Kunci dari sistem merit adalah komitmen pimpinan di BNPB untuk dapat bersama melaksanakan dan mengimplementasikan nilai-nilai dalam sistem tersebut diantaranya manajemen talenta dan manajemen Kinerja yang sedang dibangun oleh Bagian SDM,” jelas Eny. 

Surat Keputusan Nilai Sistem Merit BNPB diserahkan secara simbolis oleh Asisten Komisioner KASN, Mugy Syahriadi kepada Kepala Biro SDM dan Umum BNPB, Eny Supartini. Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Bagian SDM BNPB, perwakilan BPBD Provinsi Jawa Barat, dan Staf SDM BNPB.

Komentar