Boy Rafli Masuki Masa Pensiun, Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Kepala BNPT, Pelantikan Pekan Depan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Jokowi mengatakan segera melantik calon Kepala BNPT pengganti Komjen Boy Rafli Amar. Pelantikan digelar pekan depan.

“Minggu depan,” kata Jokowi, usai resmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Bogor, Jumat (31/3/2023).

Jokowi belum membocorkan siapa sosok pengganti Boy Rafli. Dia hanya membenarkan sudah mengantongi nama calon Kepala BNPT yang baru.

“Sudah (ada nama Kepala BNPT baru)” ucap Jokowi.

Untuk diketahui, Boy Rafli sudah memasuki masa pensiun sebagai anggota Polri di usianya yang genap 58 tahun per 25 Maret ini.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari berharap Jokowi segera menunjuk Kepala BNPT baru. Taufik menuturkan DPR meminta Kepala BNPT yang baru nantinya memahami dengan detail terkait tugas BNPT.

Taufik juga berharap Kepala BNPT baru nantinya diharuskan mempunyai strategi dalam melakukan upaya deradikalisasi. Selain itu, juga mampu memperhatikan para korban terorisme.

Lebih lanjut, dia menyebut Kepala BNPT yang baru juga harus memiliki visi membuat pendekatan humanis dalam upaya pencegahan terorisme.

“Dan juga hal-hal lain yang menjadi tugas dari BNPT ini, tapi yang jelas pendekatan-pendekatan yang humanis itu dibutuhkan pada saat ini selain dari disamping dari yang represif yang mungkin dibutuhkan pada saat-saat tertentu,” katanya.

Komentar