Gubernur Apresiasi Peran FKUB Sulut: Karena Kerukunan Banyak yang Ingin Datang ke Sulut

JurnalPatroliNews – Manado,- Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey memuji peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulut dalam mendongkrak pariwisata di bumi nyiur melambai.

“Semua capaian Pemprov Sulut di bidang pariwisata dan sektor lainnya, tidak lepas dari peran FKUB Sulut,” kata Olly Dondokambey, dalam sebuah program TV One, Selasa (20/9/2022).

Menurut Olly, berkat kerukunan yang solid, banyak orang yang ingin datang ke Sulut.

Dikatakan, jaminan keamanan dan semangat toleransi yang terus terpupuk dalam kehidupan masyarakat, membuat Sulut menjadi daerah tujuan wisata bahkan banyak yang ingin menetap.

Di kesempatan itu, Olly turut menceritakan bagaimana dirinya langsung gerak cepat mendongkrak potensi Pariwisata Sulut sejak dilantik pada 2015.

Gebrakan yang pertama kali dilakukan Olly usai dilantik adalah membuka penerbangan langsung Cina-Manado.

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang waktu itu langsung memberikan izin. Ini terbukti memberikan efek luar biasa bagi sektor pariwisata dan pertumbuhan ekonomi kami,” ujar Olly.

Saat itu, diakui Olly, kesiapan infrastruktur belum semaju sekarang.

Namun, pihaknya mengutamakan pelayanan kepada turis asing, didukung dengan antusias publik Sulut yang sangat bersahabat dengan tamu luar.

“Dan yang datang luar biasa, Juli sampai Desember 2016 ada 90 ribu turis Cina ke Sulut,” beber Olly.

Pandemi Covid-19 yang merong-rong mulai Maret 2020, diakui sempat membuat iklim wisata Sulut merosot. Bahkan pertumbuhan ekonomi ikut terkoreksi.

Komentar