JKT-BDG Kurang 1 Jam, Aptrindo Dukung Penyelesaian Pembangunan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Beban tol Jakarta – Cikampek sudah sangat berat, melihat ruas ini menjadi jalan utama logistik darat menuju wilayah Timur Jawa. Pengusaha truk pun sangat setuju dan mendorong penyelesaian ruas tol alternatif yakni tol Jakarta – Cikampek II Selatan.

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo), mengatakan sangat mendukung pembangunan ruas tol Japek II Selatan, melihat beban dari tol Jakarta – Cikampek eksisting sudah sangat berat. Tol Japek II selatan ini diharapkan memangkas waktu dan jarak dari dan menuju Jakarta-Bandung, yang diperkirakan kurang dari 1 Jam.

“Infrastruktur itu penting, karena beban ke timur khususnya dari distribusi barang berasal dari dua sumber yang berat. pertama dari Tanjung Priok output-nya itu 70% ke timur,” katanya kepada rekan media, Senin (22/8/2022).

Selain itu menurutnya, banyak produk yang dihasilkan kawasan Industri Banten dikirimkan menuju Timur Jawa. Dimana akses yang dilalui melalui tol Jakarta Cikampek atau jalan nasional Pantai Utara.

“Transportasi barang ini sudah nggak ketampung tol yang saat ini, apalagi terlihat dari macetnya sampai JORR hingga Cikampek sudah sangat padat,” katanya.

Menurut Gemilang semakin banyaknya pembangunan akses jalan memberikan pilihan bagi pengusaha truk untuk melancarkan distribusi. Tidak hanya tol Japek II Selatan, menurut dia saat ini pengusaha truk juga mendorong penyelesaian tol Cibitung – Cilincing supaya akses dari pelabuhan Tanjung Priok bisa langsung menuju tol Jakarta Cikampek.

Untuk diketahui pembangunan tol Japek II Selatan masuk dalam Proyek Strategis Nasional, yang diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas jalur Japek eksisting.

Jika sudah rampung, panjang ruas tol ini akan mencapai 62 km. Bahkan diklaim membuat perjalanan menuju Bandung bisa lebih cepat.

“Ini menjadi pertemuan Jakarta dan Cipularang. Rencana kecepatan maksimum di sini 80 km per jam dan ini jaraknya 62 km. Jadi, sekitar 45 menit nyampe Jakarta-Bandung. Lebih cepat,” kata Direktur Teknik PT Jasa Marga Japek Selatan, Bambang Sulistyo kepada dikutip Senin (22/8/2022).

Tol ini nantinya akan menghubungkan jalan tol Lingkar Luar di Jati Asih Bekasi, dengan tol Purbaleunyi di Sadang Purwakarta.

Komentar