Kapal Nelayan asal Cilacap Terbakar di Samudra Hindia, Belasan ABK Hilang

JurnalPatroliNews -Jakarta – Sebuah kapal nelayan asal Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah terbakar di di Samudra Hindia. 11 anak buah kapal (ABK) dilaporkan masih hilang, sementara 2 lainnya selamat.

Kasat Polairud Polresta Cilacap AKP Huda Syafii mengatakan, kapal KM Serba Prima-8 GT 59 itu berangkat dari dermaga PPSC pada Rabu 5 April 2023 untuk mencari ikan.

Namun pada Selasa 16 Mei 2023 sekitar pukul 23.15 WIB, kapal itu dilaporkan terbakar saat para ABK tertidur.

“Kapal terbakar di bagian knalpot atas di saat semua ABK tertidur. Para ABK mengetahui kapalnya terbakar saat api sudah mulai membesar, semua ABK/ crew berusaha memadamkan api, namun tidak bisa. Sehingga para ABK tersebut melompat ke laut dengan berpegangan pelampung parasut,” ujar Huda dalam keterangannya, Jumat (19/5).

Berdasarkan keterangan dari 2 korban selamat, yakni Nur Hasim dan Hari Setiawan, keduanya memisahkan diri dari 11 rekannya untuk mengejar kapal. Keduanya lalu ditolong oleh kapal lain.

“Kedua korban selamat ditemukan di atas Kapal hari Rabu 17 Mei 2023 sekitar pukul 11.35 WIB oleh Kapal KM Hasil Selalu 2 yang melintas. Sedangkan untuk nahkodanya sebelum kejadian sudah izin pulang untuk menunggu istrinya melahirkan,” jelas dia.

Hingga saat ini, polisi masih terus berkoordinasi dengan Lanal Cilacap, Basarnas, pusat, Basarnas Banten dan Basarnas Bandung masih terus berupaya mencari 11 ABK yang masih hilang.

“Sedangkan 11 ABK lainnya belum ditemukan dan masih dalam pencarian.

Polairud Polresta Cilacap membantu dengan memberikan informasi melalui kontak radio kepada kapal kapal yang sedang berlayar di sekitar kejadian untuk membantu melakukan pencarian dan penyelamatan ABK,” kata Huda.

Komentar