Kata Pengamat, Peluang Menteri PDIP Terbuang dari Kabinet Semakin Besar

JurnalPatroliNews Jakarta – Isu reshuffle kabinet semakin kencang setelah masuknya Partai Amanat Nasional (PAN) dalam koalisi pemerintah. Reshuffle disebut-sebut akan menjadi ancaman nyata bagi para menteri dari PDI Perjuangan.

Pakar politik dan hukum DARI Universitas Nasional (Unas), Saiful Anam mengamini spekulasi tersebut. Baginya, menteri dari PDIP semakin terbuang dari pemerintahan merupakan hal yang sangat mungkin.

Sebab, tidak sedikit menteri yang berasal dari PDIP justru dianggap bermasalah oleh kalangan masyarakat.

“Mulai dari kasus korupsi hingga sampai over kapasitas rutan, terakhir menyebabkan kebakaran. Saya kira sinyal semakin terbuangnya posisi PDIP dalam pemerintahan peluangnya semakin lebar, apalagi PAN akan masuk ke dalam partai koalisi pendukung pemerintahan,” ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (17/9).

Bukan hanya PDIP,  kemungkinan terjadinya keretakan juga bisa jadi dialami oleh partai politik (parpol) lainnya di pertengahan atau bahkan di ujung pemerintahan Jokowi.

“Saya kira hal tersebut harus direspon dengan sangat hati-hati oleh PDIP, terlebih kita tahu kebijakan-kebijakan sentral selalu tidak melibatkan kader PDIP seperti penanganan Covid-19 sampai urusan perekonomian bangsa,” pungkas Saiful.

Komentar