Duet Ganjar Pranowo – Erick Thohir Maju Pilpres: PDIP Sendirian atau Bareng PPP dan PAN

JurnalPatroliNews – Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo mencoba menganalisis sinyalemen duet Ganjar Pranowo – Erick Thohir.

Duet ini sebelumnya digelorakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Menurut Ari Nurcahyo yang harus menjadi pertanyaan ialah, apakah duet pasangan itu sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi atau tidak.

“Ganjar diskusi terbaru, yaitu dengan Erick dari hasil Rakernas PAN. Apakah Ganjar-Erick itu linear dengan arahan Pak Jokowi,” tanya Ari dikutip dari YouTube PARA Syndicate, Rabu (1/3/2023).

Lebih lanjut, Ari memandang ada dua alternatif yang bisa menjadi kendaraan Ganjar-Erick mencalonkan diri menjadi presiden dan wakil presiden 2024.

Pertama, tentu Ganjar harus lebih dulu diusung partainya sendiri, yaitu PDI Perjuangan.

Apabila keputusan ini yang diambil Ketua Umun Megawati Soekarnoputri maka ada kemungkinan partai lain merapat.

Termasuk PAN, yang mensinyalkan duet Ganjar-Erick.

“Pencapresan Ganjar-Erick ini bisa lewat dua perahu. Pertama apakah melalui PDIP atau Ganjar-Erick melalui posisi PAN. Jadi kalau PDIP mencalonkan Ganjar-Erick, hampir pasti yang masuk ke PDIP adalah PAN dan PPP,” ujar Ari.

Partai Golkar enggan berkomentar terlalu dalam ihwal sinyal dari PAN untuk mengusung Ganjar Pranowo-Erick Thohir.

Terlebih ihwal saran dari PPP agar paslon yang disebut Zulkifli Hasan itu bisa dibawa ke forum musyawarah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mengatakan ihwal capres-cawapres dari KIB, nantinya menjadi ranah ketua umum masing-masing.

Karena itu Golkar belum berpendapat apakah menyetujui Ganjar-Erick dibawa ke forum musyawarah KIB atau tidak.

Sebagaimana diketahui, Golkar sendiri sejauh ini masih menginginkan agar Ketua Umum Airlangga Hartarto yang maju menjadi capres 2024.

“Nanti biar para ketum yang menyampaikan,” kata Dave kepada wartawan, Senin (27/2/2023).

Dave menekankan bahwa Golkar, PPP dan PAN adalah tiga entitas politik yang memiliki pemahaman dan ideologi kebangsaan yang serupa.

Apalagi kekinian ketiganya sudah tergabung di satu koalisi bersama, yakni KIB.

Karena itu perihal pernyataan Ketum PAN Zulhas menyoal duet Ganjar-Erick, Golkar menghormati.

“Kami saling menghormati sikap-sikap dan kebijakan politik masing-masing dan juga telah sepakat bahwa hal-hal yang berkaitan dengan arah koalisi ke depan akan diputuskan dan disampaikan secara bersama-sama kepada masyarakat umum, pada waktu yang tepat,” ujar Dave.

Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB menyambut positif isyarat dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir.

Menurut salah satu anggota KIB, yakni Partai Persatuan Pembangunan (PPP) usulan itu bisa diajukan ke forum musyawarah.

“Paslon ini nantinya bisa dibawa ke forum musyawarah KIB bersama Partai Golkar dan PPP,” kata Waketum PPP Arsul Sani kepada wartawan, Senin (27/2/2023).

PPP sendiri dikatakan Arsil menghormati dan menyambut positif terkat dua nama tokoh itu yang menjadi pembahasan dalam Rakornas PAN.

Menurut Arsul, baik Ganjar maupin Erick juga menjadi nama populer potensial di internal PPP.

“Nama GP (Ganjar Pranowo) dan ET (Erick Thohir sendiri adalah nama-nama yang juga populer sebagai sosok-sosok potensial yang oleh jajaran PPP di berbagai daerah disuarakan sebagai bacapres dan bacawapres.

Kendati populer di internal, Arsul menegaskan PPP memang belum mengadakan forum musyawarah kerja nasional (Mukernas).

“Untuk memfinalkan paslon yang akan dibawa ke KIB,” ujar Arsul.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas menutup pidatonya pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PAN dengan membacakan sebuah pantun.

Dalam pantun yang dibacakannya, terdapat nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Acara Rakornas PAN tersebut digelar di Semarang pada Minggu (26/2/2023) kemarin.

“Izinkan saya mengakhiri pidato pada Rakornas PAN. Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, InSya-Allah Indonesia tambah jaya,” kata Zulhas disambut tepuk tangan meriah dari sejumlah kader yang hadir pada rakornas.

Ganjar dan Erick juga hadir pada acara tersebut. Zulhas menyampaikan apresiasi kepada kedua tokoh tersebut yang sudah hadir pada Rakornas PAN.

Dalam kesempatan tersebut, Zulhas sempat memuji Ganjar sebagai pemimpin yang bekerja keras. Itu terlihat dari rambut Ganjar yang memutih.

“Terima kasih Pak Ganjar, rambutnya sudah memutih secara alami dan ada kerutan di wajah. Itu seperti tanda-tanda yang diungkap Pak Presiden, itu karena beliau bekerja keras untuk rakyat agar rakyat bisa makmur dan sejahtera,” ucapnya.

Sementara itu, Erick juga turut mendapatkan pujian dari Zulhas karena terpilih menjadi Ketua Umum PSSI.

“Kami yakin PSSI akan jauh lebih baik dari sekarang. Insyaallah. Kenapa? Saudaraku Erick Thohir punya nyali,” tuturnya.

Komentar