Kawasan Monas Ditutup Sementara Dalam Rangka Persiapan Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kawasan Monumen Nasional (Monas) yang terletak di Jakarta Pusat ditutup sementara dalam rangka sterilisasi kawasan untuk upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Negara.

“Persiapan untuk kegiatan kirab bendera,” kata Kepala UPT Monas Muhammad Isa Sarnuri seperti diberitakan Rekan Media Jakarta, Selasa (16/8).

Kawasan Monas baru akan dibuka pada Rabu, 17 Agustus mendatang pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Masyarakat umum akan dipersilakan menyaksikan jalannya prosesi kirab Bendera Merah Putih.

Pemprov DKI Jakarta juga bakal menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) di Plaza Selatan Monas, Gambir, Jakarta Pusat pada tanggal 17 Agustus.

Kepala Biro Pemerintahan Setda DKI Jakarta Andriansyah mengatakan, upacara akan berlangsung pukul 07.00 hingga 07.45 WIB. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menjadi inspektur upacara.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah mengimbau masyarakat menghindari ruas jalan di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat.

“Diimbau untuk pengendara menghindari Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Selatan, dan Jalan Medan Merdeka Timur dalam rangka persiapan Upacara 17 Agustus di Istana Negara,” demikian informasi yang dikutip rekan redaksi melalui akun Twitter @tmcpoldametro.

Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka akan diselenggarakan secara langsung di halaman Istana Merdeka dan secara daring melalui video conference.

Berikut urutan upacara 17 Agustus di Istana Merdeka yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Austus 2022, antara lain:

  1. Kirab Bendera Pusaka dari Monumen Nasional ke Halaman Istana Merdeka: pukul 08.00 WIB di Silang Monas, di halaman Istana Merdeka dan secara daring.
  2. Pertunjukan Kesenian: pukul 08.00 di halaman Istana Merdeka dan secara daring.
  3. Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI: pukul 10.00 di halaman Istana Merdeka dan secara daring.
  4. Pertunjukan Kesenian: pukul 15.45 di halaman Istana Merdeka dan secara daring.
  5. Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih: pukul 17.00 di halaman Istana Merdeka dan secara daring.

Komentar