Kementan Siapkan Rencana Vaksinasi Sapi, Ditemukan Serotipe Virus PMK

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, serotipe virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tengah menyerang sapi-sapi lokal di 6 provinsi telah ditemukan. Karenanya, pembuatan vaksin PMK di dalam negeri akan segera dipercepat.

“Sambil menunggu, pak Dirjen (Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian/ Kementan) telah ditugaskan untuk impor vaksin. Tidak banyak, hanya sampai menunggu vaksin tersedia karena pembuatannya butuh waktu. Dalam 14 hari Dirjen akan datangkan,” kata Syahrul dalam keterangan pers, Rabu (11/5/2022).

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah menambahkan, saat ini Komisi Ahli Kehewanan tengah melakukan pembahasan. Untuk mempercepat pelaksanaan pembuatan vaksin PMK di dalam negeri.

“Insyaallah mudah-mudahan dalam waktu secepatnya bisa kita buat. Karena kita sudah pernah buat dulu, saat pembebasan PMK cuma serotipe-nya beda sehingga harus buat ulang lagi. Tapi instrumennya, ahlinya, ada di kita,” kata Nasrullah.

“Tadi sudah disampaikan pak Menteri, serotipenya sudah ditemukan. Serotipe O dengan strain Ind-2001, rupanya ini yang tersebar umum di Asia Tenggara,” lanjut Nasrullah.

Komentar