Kolaborasi Mahasiswa Magister Paramadina Bersama Petani Desa Sukawangi, Bogor dalam Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Organik

Setelah pemaparan pentingnya budidaya organik dan penjelasan pembuatan MOL, Hoerudin bersama para mahasiswa Paramadina mengajak para peserta yang berjumlah lebih dari 20 petani untuk membuat 3 MOL, yaitu MOL Nasi, MOL Rebung dan MOL Daun Gamal. 

Antusias ditunjukkan para peserta dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan. Sri salah seorang petani yang menjadi peserta sosialisasi, berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan dan membawa pertanian di Selawangi lebih maju lagi. Sedangkan, Ade yang juga petani di wilayah tersebut mengungkapkan, dengan ilmu baru melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat membawa pertanian tidak ketinggalan zaman dan bisa mengurangi kemiskinan untuk para petani di kampung tersebut. 

Kolaborasi yang telah dijalankan oleh Mahasiswa Paramadina dengan Para Petani Desa Sukawangi ini diharapkan bukan hanya memberikan wawasan dan pemahaman baru bagi petani di Kampung Selawangi, namun juga mengajak mereka untuk bisa menerapkan pertanian organik yang lebih memberikan manfaat, baik secara ekonomi maupun lingkungan. Dengan semakin banyaknya edukasi yang diterima, diharapkan dapat semakin memberikan semangat para petani di Indonesia untuk terus maju dan semakin berkontribusi mendukung ketahanan pangan di negeri tercinta.  

Komentar