Konsekuensi Jabatan! Nasdem Siap-siap Ditendang Pemerintah, Awal Puasa Koalisi Perubahan Deklarasi Anies Capres

JurnalPatroliNews – Jakarta –Deklarasi dukungan akan secara resmi disampaikan 3 partai politik (parpol) anggota Koalisi Perubahan, antara lain Nasdem, Demokrat, dan PKS. Rencananya akan digelar awal bulan ramadhan.

Pengamat politik dari Citra Institute, Efriza mengamati, peresmian dukungan kepada Anies menjadi calon presiden (capres) 2024 akan memberikan dampak signifikan kepada Nasdem.

Dikatakan Efriza, Nasdem salah satu parpol pendukung pemerintah Presiden Joko Widodo selama dua periode, tapi malah berkoalisi dengan parpol oposisi.“Partai Nasdem ketika deklarasi harus siap di kick dari barisan pendukung pemerintah,” ujar Efriza kepada rekan media, dikutip Rabu (22/3).

Ia berpendapat, tanda penyingkiran Nasdem dari lingkaran koalisi pemerintahan Jokowi adalah dengan melakukan reshuffle atau pergantian menteri dari parpol pimpinan Surya Paloh ini.

“Konsekuensinya jabatan ketiga menterinya (Nasdem) bisa saja ditarik keseluruhan sebagai dampak dari akhirnya koalisi perubahan dideklarasikan,” ucapnya.Meski begitu, Efriza masih melihat keuntungan yang didapat dari deklarasi Anies oleh parpol-parpol Koalisi Perubahan. Yaitu, efektif untuk mendongkrak elektabilitas Anies Baswedan dan juga diharapkan memberikan keuntungan kenaikan elektabilitas ketiga partai di dalamnya.

“Jadi Deklarasi Anies sebagai capres menguntungkan. Tetapi alot, disinyalir karena Nasdem khawatir didepak dari kursi menteri dan dibuang dari barisan pendukung pemerintah,” demikian Efriza menambahkan.

Komentar