Loyalitas pada Negara Tinggi, Prabowo Dianugerahi Gelar Warga Kehormatan Brimob

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima anugerah gelar warga kehormatan oleh Korps Brimob Polri.

Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) Polri, Irjen Anang Revandoko mengatakan, anugerah untuk Prabowo Subianto dengan pertimbangan memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap bangsa dan negara.

Selain itu, kata dia, gelar warga kehormatan Korps Brimob untuk Prabowo Subianto merupakan wujud terima kasih Korps Brimob Polri atas dedikasi dia kala menjabat sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Prabowo kala itu, mengikutsertakan 128 personel Korps Brimob yang diberi nama Kompi Pemburu dan bertugas di Timor Timur hingga Aceh.

“Hari ini saya besar hati karena saya melihat bahwa negara kita punya Korps Brigade Mobil yang sangat terampil, sangat disiplin, dan semangat,” ujar Prabowo usai menerima penyematan gelar dari Irjen Anang, di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Jumat (12/11).

Prabowo mengatakan, suatu pasukan dilihat dari sosok pemimpinnya. Ketua Umum Partai Gerindra ini lantas melempar pujian untuk Irjen Anang Revandoko.

“Dalam sejarah manusia, sepanjang beberapa abad, dikatakan kalau mau lihat kehebatan satu pasukan, lihatlah komandannya. Kalau komandannya lesu, kalau komandannya malas, kalau komandannya ele-elean, kalau komandannya penakut, anak buahnya biasanya ikut-ikut seperti itu,” kata Prabowo.

“Tapi hari ini saya lihat komandan kalian, harimau!” sambung dia.

Sementara itu, Irjen Anang Revandoko menyebut Prabowo telah mewariskan semangat patriotisme kepada Korps Brimob Polri. Semangat pasukan yang dididik Prabowo hingga kini melegenda.

“Sampai sekarang Bapak, jiwa pemburu, jiwa patriotisme anggota Brimob yang bapak bentuk sangat melegenda di Brimob,” kata Anang.

Lebih lanjut, Anang berharap, pasukan Korps Brimob bisa belajar menjadi petarung sejati lewat pelatihan-pelatihan yang ada.

Dengan begitu, generasi muda pasukan Korps Brimob dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan aksi-aksi yang membahayakan negara.

“Kami berharap sekali, kalau dulu satu kompi kami belajar menjadi seorang petarung sejati di Kopassus, mungkin Bapak selaku Menteri Pertahanan bisa memberikan kami ruang lagi pelatihan untuk generasi muda kami lagi, yang menjadi garda terdepan dalam penanganan kelompok-kelompok kriminal bersenjata dan terorisme,” demikian Anang.

Dalam kesempatan itu, Anang mengajak Prabowo melihat atraksi Detasemen Penindak tentang peningkatan kemampuan perang kota atau urban warfare dan perlawanan teror.

Adapun penganugerahan ini dalam rangka menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-76 Brimob Polri.

Kegiatan juga dihadiri total 43.800 anggota Korps Brimob Polri secara virtual. Kemudian, kegiatan ditutup dengan Anang dan Prabowo yang saling bertukar cendera mata.

Komentar