Mahasiswa Kecewa Moeldoko Dituding yang Enggak-Enggak, ICW, Kamu Tak Punya Hati…

JurnalPatroliNews Jakarta – Ketua BEM Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Faisal Abdul Rachman, menilai tuduhan Indonesia Corruption Watch (ICW) bahwa Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko berburu rente melalui promosi Ivermectin, sebagai tuduhan berbahaya.

Karena itu, pihaknya pun mempertanyakan hati nurani dan empati kemanusiaan yang dimiliki tokoh-tokoh ICW.

“Mendengar apa yang dituduhkan ICW yang penuh buruk sangka, saya sampai harus bertanya-tanya, apakah mereka masih memiliki hati nurani dan punya sedikit empati buat kemanusiaan?” katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/7/2021).

Sebab, menurut Faisal, bila saja masih ada tersisa keduanya, seberapa besar pun pikiran skeptis dalam benak tokoh ICW, tak akan begitu mudahnya buruk sangka itu mengalahkan empati kepada kemanusiaan.

Lanjutnya, ia mengatakan jika saja ada sedikit empati, orang-orang ICW seharusnya mendukung apa yang selama ini dilakukan Moeldoko dalam upaya memberantas pandemi Covid-19.

Sebagaimana luas diberitakan media-media massa arus utama, Moeldoko rutin mengirimkan ribuan tablet ke berbagai daerah yang tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19, seperti Kudus dan Semarang. Untuk itu Moeldoko menggunakan jalur HKTI yang diketuainya.

Yang harus menjadi catatan, Moeldoko juga selama ini mengatakan obat yang diyakini manjur untuk penderita Covid-19 itu sebagai Ivermectin, nama generiknya, bukan merek dagang tertentu.

Faisal mempertanyakan, apakah sebagai kalangan terdidik para tokoh ICW tidak meng-up date berita harian seputar lonjakan pandemi yang terjadi, khususnya dalam sebulan terakhir.

Sebab bila mereka mencermati pemberitaan, sukar untuk tidak ikut merasakan kesulitan, kesedihan, dan suasana muram yang tengah mengungkung Indonesia.

“Bagaimana tidak sedih, cemas dan bahkan ikut kuatir, bila penambahan kasus harian saja masih puluhan ribu, angka kematian harian rata-rata di atas seribu orang?” kata Faisal.

Hari ini saja, Sabtu (24/7), ia menunjuk angka resmi pemerintah yang menyatakan adanya tambahan 45.416 kasus positif Covid-19, dengan 1.415 orang meninggal.

“Itu artinya, berdasarkan data pemerintah, total kasus virus corona sejak Maret 2020 mencapai 3.127.826 orang. Helo, ini jutaan lho! Kok Anda sepertinya dingin dan anteng saja dengan semua itu,” kata dia.

Dia bahkan menyatakan kecurigaan, jangan-jangan bagi orang-orang ICW mereka yang meninggal, keluarga yang kehilangan anak, saudara, bapak dan ibu karena Covid-19 itu tak lebih dari hanya angka-angka statistik semata. “Kalau begitu yang terjadi, bagi kami para milenial, itu sangat keji,” kata Faisal.

Menurutnya, yang ia ketahui tentang hilangnya rasa empati seperti itu dan hanya memandang kematian manusia tak lebih dari angka statistika, dalam sejarah namanya Joseph Stalin.

“Dia itu yang bilang bahwa kematian satu orang mungkin bisa disebut tragedy, kematian banyak orang tak lebih dari statistik,” kata Faisal

“Kan tidak mungkin saya menyebut para tokoh ICW itu Stalinis karena menganggap entang kematian,” kata Faisal.

Ia juga mengingatkan banyak testimoni yang beredar baik di media maupun medsos tentang manfaat Ivermectin dalam mempercepat kesembuhan karena Covid 19.

“Tak kurang dari Mantan Menteri KKP  Susi Pujiastuti yg testimoninya beredar bahwa ia dan banyak stafnya cepat pulih dari Covid karena Ivermectin yang disarankan oleh Menteri BUMN Erick Tohir.

“Inilah mengapa Kementerian BUMN telah melipatgandakan produksi dan distribusi Ivermectin melalui Indofarma dan Kimia Farma, dan ini tunjukkan tidak ada monopoli dalam produksi ivermectin, pemerintah tidak menganakemaskan produsen swasta yang dituduhkan ICW dekat dengan Moeldoko itu, tapi malah menggunakan BUMN agar Ivermectin didapat dgn murah dan mudah didapat,” pungkasnya.

Komentar