Menkes Ingatkan :Manusia Akan Hidup Lebih Lama dengan Covid-19

JurnalPatroliNews Jakarta –  PANDEMI covid-19 yang sudah melanda sekira 18 bulan menimbulkan banyak pertanyaan, salah satunya: Kapan akan berakhir? Sayangnya hal ini belum bisa dijawab dengan pasti, apalagi adanya sejumlah mutasi virus yang lebih menular daripada jenis sebelumnya.

Terkait pernyataan tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia mungkin akan lebih lama hidup berdampingan dengan covid-19.

“Kalau kita amati, kita akan lebih lama hidup dengan virus ini. Enggak akan virus ini cepat hilang,” ujar Menkes Budi dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM yang disiarkan kanal YouTube Perekonomian RI, Senin 16 Agustus 2021.

Inilah kenapa penerapan protokol kesehatan yang sudah disesuaikan sedemikian rupa sangat penting dijalankan.

“Oleh karena itu, perlu membangun prokes yang bisa mengatur tata kehidupan kita sehari-hari yang aman, tapi tetap bisa beraktivitas agar ekonomi tetap jalan,” tambahnya.

Adjusting atau penyesuaian protokol kesehatan berbasis teknologi digital melalui aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah dimulai di ratusan mal.

“Ini kita sudah mulai dengan mal. Mal sudah kita pasangkan prokes berbasis teknologi digital di lebih 180 mal. Sekarang kita sudah uji coba itu. Sudah 1 juta orang yang sudah kita check-in,” lanjut Menkes.

Setelah mal, penerapan metode yang sama akan diberlakukan di berbagai sektor industri yang menyangkut hidup orang banyak.

“Atas permintaan Menko, kita akan coba terapkan itu ke industri. Kita akan coba di transportasi baik itu darat, laut, udara, keagamaan, pendidikan, pariwisata. Jadi semua kegiatan kehidupan kita sehari-hari akan di-adjust/disesuaikan prokesnya dan diterapkan dengan teknologi digital,” tegas Menkes Budi Gunadi Sadikin.

(*/lk)

Komentar