Menko PMK & Menhub Lepas Mudik Gratis di Tanjung Priok, Diikuti 1.634 Orang

JurnalPatroliNews– Jakarta – Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator PMK Muhadjir Effendy melepas keberangkatan mudik gratis naik kapal laut KM. Dobonsolo tujuan Jakarta–Semarang di Terminal Nusantara Pura, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (15/4).

Dalam keterangannya, mudik gratis ini digelar dua gelombang yakni pada 15 dan 17 April 2023. Untuk gelombang pertama sebanyak 756 motor dan 1.634 orang terdaftar, sementara gelombang kedua sebanyak 1.091 motor dan 2.496 orang.

Menko Muhadjir mengatakan, penyelenggaraan program mudik gratis naik kapal pada tahun ini telah dipersiapkan dengan baik.

“Tahun depan saya sarankan penambahan kapasitas supaya yang lewat jalur laut semakin banyak, untuk mengurangi risiko kendaraan roda dua. Mudik dengan kapal laut ini sangat besar artinya untuk mewujudkan mudik yang aman dan berkesan,” kata Muhadjir.

“Alhamdulillah saya melihat ekspresi kegembiraan dari para peserta. Semoga perjalanannya lancar dan sampai di tempat tujuan dengan selamat,” ujar Budi.

Sementara itu, Menhub Budi Karya menyebut, program tersebut dilaksanakan Kemenhub sejak 6 tahun lalu, telah dipersiapkan dengan matang.

Menhub menjelaskan, selain dua keberangkatan kapal dari Kemenhub, masih ada dua kapal perang yang akan diberangkatkan yaitu program mudik gratis dari TNI AL.

Menhub berpesan kepada peserta mudik gratis agar tidak memaksakan diri untuk langsung melanjutkan perjalanan setelah sampai di tujuan.

“Bagi yang mau melanjutkan perjalanan ke Boyolali, Sragen, Grobogan, dan lainnya agar jangan memaksakan diri jika merasa lelah. Ingat, keselamatan nomor satu, ” imbau Menhub.

Selain menggelar arus mudik, Kemenhub juga akan menjalankan program arus balik pada 25 dan 28 April. Bila digabungkan kedua agenda itu, total ada kuota untuk 5.000 sepeda motor dan 10.000 penumpang.

Komentar