Menkominfo Budi Arie Setiadi Ingin Transformasi Digital Dipercepat!

Meskipun memiliki sejumlah tantangan, potensi digital di tingkat nasional dan ASEAN sangatlah tinggi karena diharapkan mampu membawa perubahan signifikan dalam integrasi ekonomi digital di wilayah ASEAN.

Transformasi digital, lanjut Menteri Budi Arie, juga diharapkan bisa menarik investasi, mendorong inovasi, meningkatkan produktivitas, menciptakan lapangan kerja berkualitas, serta memperkuat sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Kemenkominfo sebagai kementerian yang membidangi building blocks pembangunan TIK berperan aktif dalam mendorong percepatan transformasi digital nasional untuk mewujudkan visi misi Presiden. Apalagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia pada 2030 diperkirakan bisa mencapai US$ 300 hingga US$ 400 miliar,” tegas Menteri Budi Arie.

Itulah sebabnya Kominfo berpandangan bahwa RPerpres yang diusulkan oleh KemenPAN/RB yakni ‘RPerpres Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional’ memiliki tingkat urgensi tinggi dan perlu segera ditetapkan

Kominfo berpandangan bahwa RPerpres ini dapat menjawab kebutuhan orkestrasi transformasi digital untuk aspek ‘pemerintahan digital’. Sedangkan jika kita melihat transformasi digital secara komprehensif, perlu orkestrasi yang melingkupi 4 aspek transformasi digital, yakni infrastruktur digital, pemerintahan digital, masyarakat/SDM bidang digital, dan ekonomi digital. 

“Untuk itu kami mengusulkan adanya Keputusan Presiden untuk membentuk tim lintas KL yang menjadi ‘holding orkestrasi transformasi digital nasional’, misalnya dapat berupa pembentukan Komite Percepatan Transformasi Digital Nasional. 

Kominfo berpandangan bahwa diperlukan visi, arah, dan perencanaan transformasi digital nasional yang komprehensif dan visioner, dalam kerangka perwujudan Visi Indonesia Maju 2045 dan misi untuk Indonesia keluar dari middle income trap,” papar Menteri Budi Arie.

“Kami berpandangan bahwa Kementerian PPN/BAPPENAS bersama dengan kementerian teknis terkait dapat segera menyusun Peta Jalan percepatan transformasi digital nasional yang mencakup 4 aspek: infrastruktur digital, pemerintahan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital, dengan menyertakan KPI, ukuran evaluasi, dan timeline yang jelas, sehingga dapat digunakan oleh holding orkestrasi untuk menjalankan tugas. Dokumen Visi Indonesia Digital 2045 dan Indeks Transformasi Digital Nasional yang saat ini sedang difinalisasi oleh Kementerian Kominfo dapat dijadikan masukan awal untuk penyusunan Peta Jalan tersebut.”

“Ada banyak hal lain yang kami lakukan, salah satunya adalah dengan pemberian beasiswa untuk digital talent dan digital leadership dari Kominfo. Saya juga berharap National Data Centre dapat terealisasi di Batam dan IKN dalam waktu dekat,” cetus Menteri Budi Arie.

Komentar