Menkop UKM: Kini, Prioritas Pemerintah Sediakan Program Padat Karya

JurnalPatroliNews – Jakarta –Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan prioritas pemerintah terkini adalah menyediakan program-program padat karya dan mengundang investasi guna menciptakan sekaligus menyerap lapangan kerja.

Tetapi, dia mengingatkan agar para pemangku kepentingan selalu waspada karena keadaan ekonomi global belum pasti.

“Ketidakpastian masih menjadi hal yang paling sulit dalam perencanaan pembangunan, termasuk untuk menjaga keadaan ekonomi nasional. Mudah-mudahan tahun depan tidak seburuk sekarang, tapi memang tak mudah,” ujar dia dalam kegiatan “Cerita Kriya: Perajin Berdaya, Indonesia Bangkit” di Bali yang dipantau secara virtual, di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, kekuatan ekonomi dalam negeri harus diperhatikan sebab dunia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi rendah dan inflasi tinggi yang dipicu kenaikan harga pangan maupun energi.

Kenaikan harga kedua komoditas tersebut dipengaruhi secara signifikan oleh konflik antara Rusia dan Ukraina yang diprediksi akan berlangsung lama.

“Kayaknya peperangannya bukan untuk menjatuhkan Ukraina, tapi ada peperangan yang akan mengubah peta ekonomi dunia,” ungkap Menkop.

Komentar