Menuai Kritikan, Ini Penjelasan Risma Usai Paksa Penyandang Disabilitas Tunarungu Bicara

“Ketika itu, beliau (Risma) mengatakan, ‘ayo berteriak seperti ini’. Itu benar-benar menyakiti hati Saya,” ucap Lies Arum, orang tua penyandang disabilitas yang hadiri HDI pada saat konferensi pers bersama Koalisi.

“Saya enggak maksa. Untuk apa Saya maksa. Itu pilihan. Tapi Saya ingin kalau kondisi tertentu dia bisa menyelamatkan dirinya dengan seluruhnya,” jelas Risma di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Kamis (2/12).

Ia menyebut, saat masih menjabat sebagai Wali Kota, ia pernah mendengar kasus penyandang disabilitas tunarungu yang pernah diperkosa dan hampir tenggelam namun tidak bisa bersuara meminta tolong. Sehingga ia mendorong disabilitas tunarungu untuk minimal bisa bilang tolong.

“Mungkin Ibu Risma harusnya tidak mengeluarkan statement seperti itu, tapi harusnya duduk bersama dengan polisi untuk mendiskusikan bagaimana caranya membuat aplikasi supaya masyarakat bisa melindungi diri dengan mudahnya,” papar Panji Surya putra Sahetapy, aktivis tuli dalam konferensi pers virtual Koalisi Organisasi Penyandang Disabilitas Anti-Audism, Jumat (3/12).

Komentar