Nah..! Pascakasus Pajak, Ramai Fenomena Moge Harley Dijual

JurnalPatroliNews – Jakarta – Muncul fenomena baru setelah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani membubarkan komunitas motor gede (moge) Ditjen Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Blasting Rijder DJP. Ramai-ramai motor gede (moge) bekas dijual di situs e-commerce.

Pemilik membanderol mogenya dari harga di kisaran Rp200 juta. Misalnya Harley Davidson Ultra classic 2001 dengan harga Rp 290.000.000, itu pun masih bisa dinegosiasikan. Pemilik mengklaim baru baru memperpanjang pajak 5 tahunan dengan plat AG, surat seperti STNK dan BPKB juga komplit.

Spesifikasi moge tersebut berwarna hijau metallic, knalpot 2 in 1 screaming eagle, ban masih tebal sehingga motor sehat dan siap touring. Adapun ketiga iklan tersebut baru diunggah hari ini, Kamis (2/3/2023) di platform OLX.

Ada juga Harley Davidson Electra Police Panda tahun 2011 yang dijual dengan harga Rp 590.000.000. Penjual mengklaim jarak tempuh motor ini baru 16 ribu mil. Dengan spesifikasi beberapa fitur seperti Tourpack 911 signal, strobo 911 signal, strobo whelen whinshield, led daymaker, sirine whelen, jok mustang, serta slip on jocker.

Harley Davidson yang dijual lebih mahal yakni Road Glide 103 tahun 2013 Full Paper Mabua dengan harga Rp 675.000.000. Speedometer di angka 30 ribu Km dengan spesifikasi dakota digital, head unit aquatic bluetooth, velg 2015, ban metzeler.

Motor jenis tersebut umumnya digunakan untuk touring karena kapasitas mesin dan ukuran motor yang lebih besar dari rata-rata.

“Kalau yang nggak hobi touring, dan anak muda, jarang yang suka roadglide karena itu gede banget kan. Anak muda sekarang sukanya tipe Sportster,” kata Humas Pengurus Pusat Harley Davidson Club Indonesia (PP HDCI) Iman Syafei kepada rekan media dikutip Kamis (2/3/2023).

Tipe Sportster memang nampak lebih ramping dibandingkan tipe Road Glide maupun Street Glide. Dari segi kapasitas mesin pun umumnya tidak mencapai 1.000 cc yakni di kisaran 883 cc. Berbeda dengan minat dari anggota komunitas.

“Kalau di komunitas, misalnya HDCI, yang paling diminati memang masih type touring sih. Modelnya ya roadglide rata- memang. Dan biasanya kalau dimodif, ya style performance bagger gitu,” sebut Iman.

Komentar