Peduli Potensi EBT, PPNS Hadirkan PLTS Apung untuk Wisata Embung BABO Bojonegoro

JurnalPatroliNews – BOJONEGORO,- Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) kembali membawakan inovasi sebagai sumbangsih terhadap kemajuan dan perkembangan Energi Baru Terbarukan. PPNS mengenalkan bahwa, kampus perkapalan selain fokus pada pembangunan kapal dan teknologi pendukungnya juga mengembangkan PLTS terapung.Sebuah sumber energi baru terbarukan yang di pasang di atas air.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya terapung atau disingkat dengan PLTS apung merupakan sebuah PLTS yang diletakkan di atas permukaan air bisa di sungai, waduk, danau, laut atau wilayah rawa.

PLTS ini banyak dilirik oleh berbagai kalangan untuk dikembangkan lebih lanjut karena memiliki banyak manfaat salah satunya yakni dapat menghemat biaya penggunaan listrik harian.

Saat ini PPNS bersama mitra PT.Fiberboat Indonesia yang memproduksi kubus apung seanocs menghasilkan PLTS Apung. Dalam kegiatan Matching Fund dan Hilirisasi Produk Penelitian Terapan 2022 Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang dikomandani oleh Mohammad Basuki Rahmat dengan beberapa tim dosen di antaranya, Arie Indartono, Budianto, Hendro Agus Widodo, Joessianto Eko Poetro dan Purwidi Asri serta beberapa mahasiswa PPNS menghadirkan karya nyata yakni PLTS Terapung yang diletakkan di wisata embung BABO Desa Sidobandung, Kec. Balen, Kab. Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Kepala Desa (Kades), Sidobandung, Sukijan menyatakan, ucapan terimakasih kepada PPNS yang telah menyerahkan PLTS Terapung untuk di manfaatkan di wisata embung BABO. Semoga keberadaan PLTS terapung ini sejalan dengan keinginan tim desa untuk menjadikan embung BABO sebagai tujuan wisata edukasi teknologi.

Komentar