Peringati 70 Tahun JMSDF, Jepang Pertama Kali Sejak 2015, Kembali Undang Korsel dalam Tinjauan Armada 2022

JurnalPatroliNews – Jakarta – Untuk pertama kalinya sejak 2015, Jepang mengundang Korea Selatan dalam tinjauan armada tahun 2022 yang diselenggarakan untuk memperingati 70 tahun berdirinya Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF).

Dilansir dari Naval News pada Jumat (26/8), langkah ini kemungkinan menandakan akan adanya peningkatan hubungan bilateral yang dahulu sempat membeku di bawah kepemimpinan presiden Korea Selatan sebelumnya.

Selama Simposium Angkatan Laut Pasifik Barat(WPNS) yang diadakan pada Oktober lalu, kepala staf JMSDF mengundang semua 21 negara anggota WPNS, termasuk Korea Selatan untuk mengambil bagian dalam tinjauan armada 2022. Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Sekretaris Kabinet pada Selasa(23/8) dalam konferensi pers.

“Kami memutuskan untuk mengundang Korea Selatan setelah mempertimbangkan keadaan keseluruhan hubungan Korea – Jepang. Tinjauan armada dilakukan untuk mendorong kerja sama antara angkatan laut dan menjaga perdamaian di kawasan, itulah sebabnya kami mengundang semua negara anggota WPNS termasuk Korea Selatan, dan terkecuali Rusia,” ujar Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno.

Undangan itu datang setelah kedua negara berhasil menyelesaikan beberapa latihan multilateral, termasuk pada Latihan Lingkar Pasifik 2022. Korea Selatan dan Jepang telah mengerahkan kapal terbesarnya untuk latihan tahun ini.

Jika Korea Selatan memutuskan untuk menerima undangan tersebut, ini akan meningkatkan hubungan Korsel- Jepang, serta menandai pertama kalinya kapal Angkatan Laut Republik Korea (ROKN) akan mengambil bagian dalam tinjauan armada Jepang setelah sebelumnya karena hubungan membeku Jepang tidak mengundang Korsel.

Komentar