Peringati 70 Tahun JMSDF, Jepang Pertama Kali Sejak 2015, Kembali Undang Korsel dalam Tinjauan Armada 2022

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-Yeol sebelumnya telah menekankan pentingnya memperkuat hubungan dengan Jepang untuk menghadapi ancaman keamanan bersama. Atas undangan ini, pemerintahan Yoon dikabarkan memiliki minat yang besar untuk berpartisipasi dalam tinjauan armada ini.

“Apakah kami akan berpartisipasi belum diputuskan. Namun, kami condong ke arah pengiriman kapal kali,” ujar pejabat administrasi Yoon.

Sementara itu, kunjungan Korsel ini juga dikhawatirkan akan menghadapi reaksi sinis dari publik, mengingat permusuhan historis telah tejadi sangat lama karena kekejaman Jepang yang dilakukan selama menduduki Korsel di awal abad ke-20. Presiden sebelumnya Park Geun-hye telah menghadapi situasi yang sama, ia mendapat kritik keras ketika mengirim kapal KDX-II dalam tinjauan armada Jepang pada tahun 2015.

Presiden Yoon diperkirakan juga akan menghadapi tantangan berat yang sama, namun banyak warga Jepang yang memiliki harapan yang sangat tinggi pada pemerintahan baru Korsel terkait hubungan antara Jepang dan Korea Selatan.

Komentar