PRB 2021: Pelestarian Lingkungan Jadi Warisan Penanggulangan Bencana bagi Generasi Penerus Bangsa

JurnalPatroliNews – AMBON – Pengurangan risiko bencana menjadi hal pertama yang dilakukan dalam upaya penanggulangan bencana. Hal ini sangat penting untuk dilakukan secara berkelanjutan untuk membangun ketangguhan bangsa dengan beragam potensi ancaman bencana.

Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas Nathaniel Orno mengatakan bahwa mewarisi ketangguhan penanggulangan bencana seperti mewarisi mata air untuk kelangsungan hidup generasi berikutnya.

“Seperti peribahasa jangan tinggalkan air mata untuk anak cucu kita, tapi tinggalkan mata air, hal ini memiliki makna yang sangat mendalam terkait warisan penanggulangan bencana bagi generasi penerus bangsa,” tutur Barnabas dalam sambutan pada kegiatan Diskusi Grup Terfokus (FGD) Penanggulangan Bencana pada saat Pandemi Covid-19 di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa (19/10).

Implementasi pengurangan risiko bencana juga dilakukan melalui beragam giat, salah satunya pelestarian lingkungan. Barnabas juga mengatakan bahwa giat pelestarian lingkungan menjadi warisan baik untuk dilanjutkan.

“Upaya pengurangan risiko bencana melalui pelestarian lingkungan menjadi warisan baik yang diberikan kepada generasi penerus untuk dilanjutkan,” ucapnya.

Selain itu, Barnabas juga berharap melalui rangkaian kegiatan peringatan bulan pengurangan risiko bencana (PRB) 2021, dapat menjadi komitmen dan kolaborasi nyata seluruh pihak untuk bersama untuk melakukan pelestarian lingkungan.

“Baku Keku Raih Ketangguhan, tema PRB tahun ini diharapkan menjadi wujud nyata komitmen bersama untuk melakukan pelestarian lingkungan dalam upaya pengurangan risiko bencana,” tambahnya.

Komentar