Prof. Dr. Rudy Harjanto Paparkan Hambatan Komunikasi di Era Digital

Perbedaan informasi ini berpotensi mengubah penilaian, daya tarik, dan kredibilitas konten yang disampaikan oleh pemilik akun aplikasi sosial. Komunikasi interpersonal di media sosial berasal dari diri sendiri dan pengguna situs lainnya. Jika informasi ini saling bertentangan, maka akan sulit untuk menarik kesimpulan tentang apa sebenarnya isi informasi yang ingin disampaikan dan justru menjadi hambatan komunikasi.

Setiap hambatan yang menghalangi komunikasi yang efisien dapat disebut sebagai gangguan komunikasi. Kebisingan komunikasi adalah kebisingan yang mengganggu transmisi informasi dari pemancar ke penerima.

Penerima mungkin terganggu oleh kebisingan dan tidak dapat mendengar pesan pengirim. Atau mungkin mengalihkan perhatian pengirim, sehingga sulit bagi mereka untuk menyampaikan informasi. Dalam kedua kasus, kebisingan menciptakan kegagalan dalam proses komunikasi.

Melihat itu semua, dapat dinilai jika digitalisasi komunikasi melahirkan pandangan dua sisi sebagai pendukung kemajuan dan sebaliknya, serta teknologi sebagai penghambat pertumbuhan dan perkembangan. Kedua sisi ini menyebabkan persepsi informasi yang sering membuat mereka lebih rentan terhadap salah tafsir. Kesalahpahaman ini memudahkan kesalahpahaman satu sama lain, terutama ketika kita berinteraksi dengan orang lain.

Komentar