Saudi Siapkan 1600 Bus Transportasi Jamaah Haji 2021

  • Whatsapp
Kiswah Kabah mulai digulung menandai awal musim haji 2021

JurnalPatroliNews Jakarta – Waktu pelaksanaan ibadah haji semakin dekat. Arab Saudi menyebut sudah siap menyambut tamu Allah SWT tahun ini.

“Persiapan-persiapan sudah dilakukan oleh Saudi mulai dari akomodasi (hotel dan tenda), transportasi (bus), serta katering,” kata Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono, saat dihubungi Republika, Rabu (7/7).

BACA JUGA :

Ia menyebut pihak penyelenggara haji menyiapkan hotel bagi jamaah di Mina Tower. Lokasinya persis berada di depan Masjidil Haram.

Adapun pelaksanaan ritual haji tahunan akan berlangsung 18 hingga 22 Juli. Di tahun ini, jamaah haji hanya melangsungkan haji di Makkah dan tidak menuju Madinah.

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, juga menyebut persiapan yang dilakukan Saudi menjelang ibadah haji semakin meningkat. Tenda di Arafah, Muzdalifah dan Mina disebut sudah siap untuk ditempati.

“Saudi juga menyiapkan sekitar 1600 angkutan Bus. Nantinya ada sekitar 3 juta box makanan siap saji untuk jamaah selama proses haji,” kata dia.

Pengamanan juga ditingkatkan di sekitar Masjidil Haram dan area Masyair. Akses menuju Masjidil Haram sendiri telah ditutup sejak 5 Juli lalu dan harus siap didenda 10.000 riyal Saudi jika diketahui melanggar dan tidak memiliki izin.

Dalam keterangan yang disampaikan Arab Saudi, pihaknya mensyaratkan vaksinasi penuh Covid-19 bagi jamaah yang telah mendapat izin haji. Endang menyebut proses vaksinasi kedua bagi mereka yang terpilih ini terus berjalan.

“Secara keseluruhan kami belum dapat angka pasti (warga Indonesia yang dapat izin haji). Sebatas dari Anggota keluarga KBRI dan KJRI, sudah ada,” lanjutnya.

Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengkonfirmasi kesiapan penuh dalam menyambut musim haji 2021. Wakil Menteri Haji dan Umrah, Dr Abdulfattah Mashat, menekankan percepatan pekerjaan dalam menyiapkan tempat-tempat suci di Kerajaan.

Semua sektor terkait juga diminta agar menyelesaikan persyaratan, untuk menerima jamaah haji 2021 tepat waktu.

Pos terkait