Sektor Digital, Jokowi: RI Harus Nomor 1 Se-Asean, Ini Alasannya

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo mengungkapkan Indonesia berpotensi menjadi pemain utama di sektor digital di Asean. Hal ini ditunjukan dari banyaknya jumlah startup besar hingga kecil di Indonesia.

“Indonesia bisa terus berperan sebagai pemain utama di Asean, potensi tumbuh juga besar kita berada pada peringkat ke enam dengan jumlah startup di dunia,” kata Jokowi dalam rekaman pada acara, Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2023, Senin (8/5/2023).

Dia membeberkan saat ini Indonesia sudah memiliki 2.400 startup dan penetrasi internet di Indonesia mencapai 76,8%.

Adapun menurut Jokowi keuangan digital di Indonesia juga bisa dioptimalkan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru. melihat pangsa pasar di Indonesia sekitar 40% dari transaksi ekonomi digital di Asean.

Selain itu nilai ekonomi digital di Indonesia diproyeksikan mencapai US$ 130 miliar di tahun 2024 dan diproyeksikan akan terus tumbuh mencapai Rp 315 miliar di tahun 2030.”Kunci untuk tumbuh dan berkembang inovasi dan kepercayaan.

inovasi dalam penyediaan sistem pembayaran berbasis digital dan serta keamanan dan perlindungan masyarakat,” katanya.”Inovasi dalam sistem pembayaran digital harus terus dikembangkan. inovasi keuangan seperti kartu kredit pemerintah perlu diperkuat untuk mempermudah belanja barang pemerintah pusat dan daerah,” tambahnya.

Komentar