“Si Cantik” Dahlan Iskan Ungkap Donasi Rp 2 Triliun Akidi Tio Bakal Cair

JurnalPatroliNews – Nama si Cantik disematkan oleh wartawan senior Dahlan Iskan pada sosok perempuan ini. Si cantik ini diungkapkan ialah sosok yang dekat dengan anak bungsu Akidi Tio, Heriyanti.

Ia termasuk orang yang menemani Heriyanti ke bank di Singapura untuk mengurus aset uang tersebut. Si cantik pun memastikan jika uang sebesar Rp 2 triliun tersebut benar adanya.

Dalam tulisan catatan Dahlan Iskan berjudul tersangka 2T, diceritakan jika Dahlan Islan mengubungi si perumpuan cantik ini.

Saat tiga jam dinyatakan sebagai tersangka, Heriyanti masih menghubungi perempuan cantik ini. Ia (Heriyanti) menegaskan jika uang Rp 2 triliun tersebut memang ada.

“Ibu, duitnya tuh ada. Besok baru cair,” ujar putri bungsu almarhum Akidi Tio itu kepada Si Cantik yang ditulis Dahlan Iskan.

Berarti saat Heriyanti menelpon ini, ia tengah berada di kantor polisi Sumatera Selatan.

“Ada apa ya Mas, kok dari kantor polisi dia masih mau telepon saya,” tanya Si Cantik pada Dahlan Iskan

“Kelihatannya dia curi-curi waktu untuk menelepon saya. Begitu ganti saya yang mau bicara dia tutup telepon,” ujar Si Cantik dengan lima ‘i’ itu.

Kemarin malam pun, sebelum paginya Heryanti dibawa ke kantor polisi.

Si Cantik masih berhubungan dengan Si anak bungsu Akidi Tio ini.

“Masih bicara bahwa Senin besoknya dana itu pasti cair, lewat Bank Mandiri. Tapi ketika Senin sudah dinyatakan sebagai tersangka dia masih berani menelepon Si Cantik,”

“Uangnya akan cair besok”, berarti Selasa hari ini.

Kata Dahlan Iskan, hebatnya Kabag Humas Polda Sumsel mengklarifikasi dan membatah status tersangka.

“Itu bertentangan dengan penjelasan Direktur Intelkam Polda Sumsel beberapa jam sebelumnya. Tentu penjelasan kepala humaslah yang lebih bisa dipegang. Berarti Heryanti belum jadi tersangka,” tulis Dahlan.

Minggu malam kemarin Si Cantik mengaku sempat takut tidak bisa tidur. Terlalu membayangkan apa yang akan terjadi Senin keesokan harinya. Apakah uang Rp 3 miliar yang dipinjam Heriyanti benar-benar akan cair. (Baca juga: Harapan 2T)

“Tetap harus tidur. Jangan terlalu memikirkan uang itu,” saran saya.

Pagi kemarin, yang nongkrong di Bank Mandiri ternyata justru polisi. Sang petugas mengajak serta anak bungsu Akidi Tio, Heryanti.

Senin pagi-pagi Heryanti sudah dijemput di rumahnya untuk diajak ke Bank Mandiri.

Polisi pun melakukan pengecekan di bank itu: Apakah dana Rp 2 triliun dari Heryanti sudah ada.

“Tidak ada,” jawab petugas bank.

Postingan Dahlan Iskan [Facebook]
Maka Heryanti langsung dibawa ke Polda Sumsel. Dinyatakan sebagai tersangka penipuan.

“Memang perkara ini secara hukum sebenarnya sederhana sekali. Tidak perlu pemeriksaan yang bertele-tele. Barang bukti juga sudah banyak. Mungkin Heryanti juga tidak perlu ditahan: dia tidak akan bisa menghilangkan barang bukti. Tidak mungkin juga dia melarikan diri –di masa pandemi seperti ini. Yang perlu dijaga hanyalah: kalau-kalau dia bunuh diri,” tulis Dahlan Iskan.

Status tersangka Heryanti diralat. Ada apa? Jangan-jangan Selasa hari ini cair –seperti sempat-sempatnya diinfokan Heryanti kepada Si Cantik dari kantor polisi.

(sc)

Komentar