Suhu Mencapai 38 Celcius, Sebelas Orang Tewas Setelah Tersengat Matahari di Mumbai India, Ini Alasannya

JurnalPatroliNews – Jakarta –Akibat terpapar sinar matahari yang amat panas, sebelas orang dilaporkan tewas saat menghadiri acara penghargaan Menteri Dalam Negeri India Amit Shah di pinggiran Mumbai, Maharashtra pada Minggu (16/4).

Menurut Shah, ratusan ribu orang mendatangi acara di sore hari untuk menyaksikan pemberian penghargaan kepada seorang aktivis sosial terkenal di wilayah tersebut.

Tetapi karena acara dilakukan di luar ruangan, massa harus bertahan dengan cuaca panas yang suhunya mencapai 38 derajat celcius saat itu.

Mengutip DAWN News, akibat sengatan matahari yang parah tersebut, 50 orang harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit dan 11 orang lainnya telah dinyatakan tewas.

Menurut Departemen Meteorologi India (IMD), tahun ini India diperkirakan akan mengalami gelombang panas antara bulan Maret hingga Mei.

“Peningkatan kemungkinan terjadinya gelombang panas selama musim Maret hingga Mei kemungkinan terjadi di banyak wilayah di India Tengah dan di sebelah Barat Laut,” bunyi laporan IMD.

Dalam sebuah surat pemberitahuan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan India Februari lalu, disebutkan bahwa suhu akan mencapai titik tertinggi yang tidak biasa di beberapa tempat.

Komentar