Tengok Pelaksanaan Nias Pro 2023, Sekjen PDIP: Pengingat Kita Negara Kelautan

JurnalPatroliNews – Nias Selatan – Di sela-sela kunjungannya ke Pulau Nias, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyempatkan diri mengunjungi ajang surfing dunia, Nias Pro 2023 WSL QS 5000, yang dilaksanakan di Kabupaten Nias Selatan.

Bersama Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, Hasto berkunjung dan melihat kemeriahan aksi serta keramaian pengunjung ajang yang sekalian dibalut sebagai pesta budaya itu. Lokasinya di Pantai Sorake, Desa Orahili Fau Sihönö, Kabupaten Nias Selatan.

Hilarius menjelaskan ajang surfing internasional itu diikuti oleh 190 peseera dari 14 negara. Ajang tahunan ini dimulai sejak 2017 dan hanya terhenti 2 tahun karena pandemi covid.

Oleh pihaknya, acara ini sekalian dijadikan sebagai ajang pesta rakyat. Angka kunjungan wisatawan juga meningkat. Sejak ajang Nias Pro dibuka 11 September lalu, pengunjung terus meramaikan acara.

“Anak muda menampilkan budaya yang ada di Nias Selatan, setiap hari ditampilkan. Secara bergilir beberapa kecamatan menampilkan, dan dimumkan mana yang terbaik,” kata Hilarius, Minggu (17/9)

Warga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga dilibatkan. Berbagai stan  produk makanan, produk kelapa, hingga tenunan khas Nias Selatan, ditampilkan.

Ia mengaku tak sulit bagi pihaknya mempromosikan ajang Nias Pro itu. Sebab lokasi surfing terbaik di Nias Selatan sudah otomatis menarik para surfer dunia.

“Kebanyakan mereka-mereka sendiri yang mempromosikan,” imbuh Hilarius. 

Hasto mengatakan pihaknya mengapresiasi pelaksanaan Nias Pro 2023, yang akan menggelorakan Indonesia sebagai tanah air yang dikaruniai keindahan alam raya, termasuk salah satu tempat terbaik surfing dunia. 

Ia juga memuji langkah Nias Selatan yang memadukan ajang itu dengan kegiatan pesta rakyat. “Ini akan didukung sepenuhnya oleh PDI Perjuangan,” imbuh Hasto.

Menurut Hasto, ajang Nias Pro 2023 sekaligus pengingat bahwa Indonesia adalah negara kelautan yang ditebari pulau-pulau dan laut. Sehingga seharusnya kita menyongsong laut sebagai masa depan kita dan kehidupan kita.

“Semoga ini semakin menggelorakan semangat mencintai laut dengan world surfing event,” imbuhnya.

Komentar