Waspada Cuaca Ekstrem, BPBD Probolinggo: Banjir dan Longsor Melanda Sejumlah Desa

JurnalPatroliNews – Jawa Timur – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo, Jawa Timur, mencatat bencana alam banjir dan tanah longsor melanda sejumlah desa di kabupaten tersebut dalam dua hari terakhir.

“Selama dua hari terakhir wilayah Kabupaten Probolinggo diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras cukup lama, sehingga terjadi banjir dan tanah longsor,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Moh Zubaidulloh dalam keterangan tertulis yang diterima di Probolinggo, Minggu.

Menurut dia, bencana banjir terjadi di beberapa desa yang tersebar di Kecamatan Tongas, Sumberasih, Dringu, dan Leces mengakibatkan ratusan rumah tergenang, sedangkan bencana tanah longsor terjadi di beberapa desa di Kecamatan Lumbang dan Wonomerto.

Di Kecamatan Tongas, banjir melanda Desa Tambakrejo, Tanjungrejo, Bayeman, Tongas Wetan, dan Curahdringu.

Banjir juga melanda di Kecamatan Sumberasih yakni di Desa Lemahkembar dan Desa Pesisir, kemudian di Desa Dringu, Kecamatan Dringu, sedangkan di Kecamatan Leces, bencana banjir melanda Desa Sumberkedawung, Leces, dan Tigasan Wetan.

Komentar