Webinar “Masa Depan Demokrasi Indonesia di Masa Kepemimpinan Baru”

Soal Etika lanjut Khoirunnisa  juga tidak hanya terjadi pada ranah MK, tapi juga terjadi di KPU di mana ketua KPU telah berkali kali terkena sanksi etik oleh DKPP yang tidak hanya teguran, tapi peringatan keras terakhir yang berkali kali. “Publik jelas bertanya tanya Pemilu kali ini mau dibawa kemana ketika pimpinan KPU sudah berkali kali melakukan pelanggaran etik.” Kata Khoirunnisa.  

Narasumber lainnya adalah Muhammad Ikhsan, MM dosen Universitas Paramadina “Dari sisi domestik sudah jelas presiden Prabowo, sudah sangat jelas karena mengatakan hal tersebut dari tiap kampanyenya, tetapi ada inovasi baru dimana adanya makan siang gratis, tetapi harus memikirkan mengenai anggaran negara yang digelontorkan.”

Berkaitan dengan sisi internasional, kawasan asia pasifik ada persaingan geopolitik, hingga ketegangan dari US dan China.  “Saat ini di Taiwan, kehilangan majority di parlemen sehingga mengundang kemarahan Cina. Adapun analisis security mengenai Angkatan bersenjata Cina, yang saat 2027 berusia 100 tahun memiliki kekuatan bersenjata yang dapat menganeksasi Taiwan.”

“Perekonomian untuk mencapai growth 5% sangat sulit, terlebih nilai tukar rupiah saat ini sudah mencapai lebih dari Rp. 16.000. Penguatan masyarakat sipil menjadi jawaban, dimana kebijakan populis menyampingkan hitung-hitungan ekonomi yang teknokratis. Sehingga penguatan masyarakat sipil  diawali dengan kemampuan berjaring dengan para aktor.” Pungkasnya. 

Komentar