Astra Half Marathon 2023 “Xtramile”, Ajak Lebih dari 4.000 Pelari Dukung Gaya Hidup Sehat Berkelanjutan

JurnalPatroliNews – Tangerang,- Waktu telah menunjukkan pukul lima pagi. Semua peserta telah berada di posisinya masing-masing untuk memulai flag-off lomba lari kategori half marathon yang dilanjutkan dengan kategori 10K dan 5Kpada perhelatan Astra Half Marathon 2023 “Xtramile” hari ini (5/11) di Astra Biz Center, BSD City, Banten.

“Dengan melibatkan masyarakat luas, Astra berharap para peserta lari yang berpartisipasi tidak hanya menebarkan inspirasi dan mendukung gaya hidup sehat, namun juga dapat membangkitkan semangat kerjasama dan keterlibatan masyarakat lainnya untuk menciptakan perubahan positif bagi lingkungan untuk hari ini dan masa depan Indonesia”, ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Dengan tema Xtramile, perhelatan Astra Half Marathon 2023 mengajak masyarakat untuk melakukan berbagai usaha yang lebih dari biasanya serta tidak terbatas untuk saat ini saja, tetapi juga untuk masa mendatang. Melalui tagline Astra Runners,“We Run, We Care, We Share,” peserta diajak untuk lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya dalam penggunaan kembali barang-barang sekali pakai (reuse), pengurangan penggunaan plastik sekali pakai (reduce), dan mendorong kebiasaan untuk mendaur ulang produk lama menjadi sesuatu yang baru dan berguna (recycle).

Para peserta lomba lari secara otomatis turut mendukung program pengelolaan sampah menjadi barang bernilai tambah melalui program kolaborasi bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

Para pelari yang mencapai garis finish di bawah cut-off time mendapatkan medali, refreshment water, air mineral serta kudapan sehat. Khusus bagi peserta yang berhasil menyelesaikan jarak 21K di bawah cut-off time berhak mendapatkan finisher tee dan akses ke area eksklusif yang menyediakan ice pool serta fisioterapi.

Deretan atlet nasional dan figur publik turut meramaikan tahun kedua pelaksanaan Astra Half Marathon 2023. Di antaranya adalah Andrew White, Nana Mirdad, Dion Wiyoko, Tarra Budiman, Ardit Erwandha, Adinda Thomas, Sahila Hisyam, Agus Prayogo, Juphie Sembiring, Nur Shodiq, Triyaningsih, Odekta Naibaho dan Novia Nur Nirwani.

Rangkaian Astra Half Marathon 2023 juga dimeriahkan dengan penampilan dari DJ Yasmin serta RAN yang menambah keseruan pada akhir acara Astra Half Marathon 2023.

Total Hadiah Rp200 juta

Total hadiah yang disiapkan mencapai Rp200 juta. Belum termasuk doorprize untuk para pelari yang beruntung, yaitu sepeda, smart watch hingga smart phone.

Rangkaian Astra Half Marathon 2023 telah dimulai sejak 31 Juli 2023 dengan konferensi pers, dilanjutkan dengan race pack collection yang diselenggarakan pada 3-4 November 2023 di Menara Astra. Setiap peserta mendapatkan jersey, nomor BIB, makanan sehat, vitamin dan energy gel.

Guna meningkatkan kenyamanan dan semangat peserta dalam berlari, disediakan beberapa fasilitas pendukung mulai dari mobil ambulans dan paramedis motor, 8 hydration point, 2 fruit station, 2 energy gel station, 2 sponge station dan water sprinkle, hingga 5 cheering area. Selain itu, semua pelari mendapat asuransi I-sport dari Astra Life dengan nilai sampai Rp50 juta.

Fasilitas lain yang diperoleh peserta adalah dapat mengetahui catatan waktu secara realtime melalui teknologi dari mylaps dan dapat mengunduh e-certificate yang berisi nama dan catatan waktu, sehingga tercantum jelas catatan lari para peserta.

Astra Half Marathon 2023 ”Xtramile” ini sekaligus merupakan perayaan 10 tahun terbentuknya komunitas lari Astra Runners di lingkungan perusahaan Grup Astra secara nasional.

Komunitas Astra Runners didirikan pada 9 November 2013 oleh sekelompok anak muda yang berkarya di Grup Astra dan memiliki hobi yang sama, yaitu olahraga lari. Astra Runners rutin mengadakan kegiatan olahraga lari satu bulan sekali dan lomba lari tahunan. Saat ini, Astra Runners sudah memiliki lebih dari 2.000 anggota yang tersebar di berbagai perusahaan Grup Astra.

Semangat Astra dalam mengampanyekan gaya hidup sehat dan berkelanjutan melalui lomba lari Astra Half Marathon 2023 “Xtramile” sejalan dengan Astra 2030 Sustainability Aspirations dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa serta mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Komentar