Kisah Mitos Tol Purbaleunyi Penyebab Kecelakaan

Tiga hari sebelumnya, Sabtu, 6 November 2021, kecelakaan maut Truk Boks Ekspedisi di Tol Purbaleunyi menyebabkan kernet truk boks dan pengemudinya luka-luka.

Truk boks pengangkut barang ekspedisi ini mengalami kecelakaan di tol Purbaleunyi, kilometer 86, sekitar wilayah Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Kondisi bagian depan mobil rusak, kaca depan juga hancur. Sedangkan dum truk yang ditabrak kabur ke arah Jakarta.

Kecelakaan lalu lintas di tol Cipularang Sabtu (16/10/2021) sekitar pukul 17.25 WIB, juga menewaskan Direktur PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Yan Bastian.

Kecelakaan itu tepatnya terjadi di ruas B kilometer 92.900 di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta melibatkan truk kontainer dengan nomor polisi B 9318 JIY dan kendaraan minibus Hyundai dengan nomor polisi B 1152 SV yang dikendarai Yan Bastian.

Diketahui, jalan Tol Cipularang adalah jalan tol di Indonesia yang menghubungkan kabupaten Purwakarta dan Bandung, yang selesai dibangun pada akhir April 2005.

Tol ini membentang dari Cikampek – Purwakarta sampai Padalarang yang melintasi Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung Barat.

Tol ini berada di pegunungan sehingga jalannya naik-turun dan juga mempunyai banyak jembatan yang panjang dan tinggi.

Sejak beroperasi 2005 lalu, tol ini selalu memakan korban jiwa karena kecelakaan baik tunggal maupun beruntun. Berikut adalah daftar kecelakaan yang terjadi di ruas Tol Cipularang, dalam rentang 8 tahun, sejak 2011 hingga 2019.

Tahun 2011

Pada 2011 lalu, penyanyi dangdut Saiful Jamil beserta keluarganya menjadi korban kecelakaan di Tol Cipularang, tepatnya di KM 79 ruas Padalarang, di sisi menuju arah Jakarta, 3 September 2011.

Pedangdut Saiful Jamil mengalami kecelakaan di Tol Purbaleunyi.

Mobil niaga yang dikemudikan Saiful melaju kencang namun tiba-tiba terguling-guling dan menabrak pagar beton pembatas jalan. Virginia Anggraeni, istri Saiful Jamil meninggal dunia di tempat, sementara Saiful mengalami luka-luka.

Selain Ipul dan almarhumah Virginia, masih ada lagi empat perempuan kerabat keluarga mereka di dalam mobil itu.

Selang beberapa hari, tepatnya 7 September 2019, Tol Cipularang kembali memakan korban jiwa. Kali ini, enam orang meninggal dunia dan belasan lainnya luka-luka dalam kecelakaan di kilometer 93 100.

Kejadiannya melibatkan kendaraan minibus travel Citra Nopol B-2013-YX, di wilayah Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Tahun 2012

Komentar