Xiaomi Pamerkan SU7 Mobil Listrik Pertama Mereka, Bakal Jadi Pesaing Tesla..?

JurnalPatroliNews – Barcelona – Xiaomi meluncurkan beragam inovasi canggih di acara Mobile World Congress (MWC) 2024. Selain meluncurkan perangkat baru seperti Xiaomi 14, perusahaan asal China itu juga menampilkan mobil listrik pertamanya.

Mobil listrik Xiaomi, yang diberi nama SU7, sebelumnya telah diumumkan pada acara Consumer Electronics Show (CES) bulan Januari tahun ini. Di MWC Barcelona, mobil berwarna biru ini dipamerkan untuk pertama kalinya kepada publik.

Menurut laporan dari Tech Crunch, Xiaomi memproduksi SU7 di bawah mereknya sendiri, tanpa kerja sama dengan produsen mobil lain. Meski demikian, Xiaomi belum memberikan banyak informasi detail tentang mobil listrik ini. Dalam keterangan resminya, Xiaomi menyebut SU7 sebagai sedan ramah lingkungan dengan performa tinggi.

“Produk pertama Xiaomi EV – Xiaomi SU7 yang dinantikan, sebagai ‘sedang teknologi ramah lingkungan berperforma tinggi berukuran penuh’ yang mendorong batasan untuk performa, integrasi ekosistem dan ruang mobil pintar,” tulis perusahaan dikutip Rabu (28/2/24).

Selain mobil itu sendiri, Xiaomi juga mengembangkan lima teknologi kunci untuk mobil listrik, termasuk E-Motor, CTB Integrated Battery, Xiaomi Die-Casting, Xiaomi Pilot Autonomous Driving, dan Smart Cabin.

Perusahaan ini menginvestasikan sekitar 10 miliar yuan dalam penelitian dan pengembangan mobil listrik, melibatkan ribuan insinyur dan pakar teknis. Dalam MWC, Xiaomi mengusung tema Human x Car x Home untuk HyperOS, yang mencerminkan integrasi antara smartphone, produk smart home, dan mobil dalam ekosistem Xiaomi.

HyperOS diharapkan membawa inovasi sistem untuk mendukung interkoneksi antar perangkat di seluruh ekosistem Xiaomi, dengan integrasi mencakup 200 kategori produk dan lebih dari 600 juta perangkat secara global, serta mencakup 95% skenario penggunaan.

Komentar