Hari Kedua Seleksi PPPK Guru, Penilaian Observasi Dilanjutkan

JurnalPatroliNews – Singaraja,– Pemkab Buleleng, Bali, terus menggelar seleksi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi Senin (28/11/2022) merupakan hari kedua dan pelaksanaan seleksi berlokasi di SMPN 1 Singaraja dan SMPN 6 Singaraja.

Seleksi kali ini berupa penilaian observasi. Penilaian observasi dilaksanakan oleh tim penilai berasal dari pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru senior Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng.

Ditemui saat mengawasi, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, mengatakan pelaksanaan penilaian observasi telah terlaksana tahapannya 60%, namun dirinya optimis bahwa hari ini penilaian dapat dirampungkan. Rinciannya, 843 orang peserta telah terdata, sedangkan proses yang tersisa masih terdapat penilaian dari guru pengawas karena perbandingannya 1 pengawas menilai 50 guru, lain dengan jumlah penilaian bagi kepala sekolah dan guru senior.

Astika menambahkan,mekanisme seleksi penerimaan Calon PPPK Guru terbagi menjadi Prioritas 1(P1), Prioritas 2(P2), Prioritas 3(P3). Guru P1 merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk jabatan fungsional (JF) guru tahun 2021 dan telah memenuhi nilai ambang batas. Selanjutnya Guru P2 peserta yang terdata sebagai eks Tenaga Honorer K-II yang tidak termasuk Guru P1. Kemudian Guru P3 Guru non-ASN yang memiliki keaktifan mengajar minimal 3 tahun. “Guru yang bisa mengikuti pelaksanaan penilaian observasi ini hanya Guru P2 dan P3,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan jika pelaksanaan yang dimulai dari kemarin itu, memiliki kendala seperti sistem dari pusat down, sehingga kemarin mengalami penundaan pelaksanaan hingga jam 2 siang, namun sesuai informasi dari helpdesk pusat bahwa penilaian dapat dilanjutkan pada kediaman masing-masing penilai, selama guru penilai memiliki ketersediaan perangkat dan jaringan. “Hari ini sudah berjalan dengan baik, dan waktu yang tersedia sudah cukup,”ujarnya.

Komentar