Maria Shevanda Christiani Putriyogatama, Mahasiswi UNTAG Surabaya Raih Juara 3 Kategori Broadcast di Kompetisi Duta Maritim Indonesia 2023

JurnalPatroliNews – Jakarta – Untuk mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda dengan merespon gagasan inovatif dari para generasi muda saat ini, Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) mengadakan pemilihan Duta Maritim Indonesia.

Duta Maritim Indonesia diselenggarakan sebagai wadah untuk meningkatkan wawasan mengenai kemaritiman dan pengetahuan terkait pengembangan ekonomi berbasis masyarakat pesisir.

ASPEKSINDO merupakan organisasi kerjasama dan hubungan kemitraan antar Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir, serta sebagai penghubung antara Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir dengan Pemerintah pusat dan Industri/Swasta serta pihak lain baik dalam dan luar negeri.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga, dihadiri beberapa tamu kepala daerah lainnya dan 100 peserta program Duta Maritim Indonesia, yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, setelah melalui proses karantina dari tanggal 11 hingga 17 Agustus 2023.

Selama di karantina, peserta menerima beragam materi terkait kemaritiman dan juga melaksanakan beberapa pelatihan khusus bertujuan untuk membangun karakter para finalis sebagai duta. Di mana para peserta memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandi Uno, bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, serta melakukan kunjungan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Kompetisi ini menampilkan 100 peserta berbakat dari berbagai daerah di Indonesia, setelah melalui seleksi yang diikuti lebih dari 600 peserta yang mendaftar dari berbagai kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Komentar