Program Studi Desain Produk Paramadina Gelar “PERKARA” di Kampus Cipayung

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sejalan dengan semangat Kampus Merdeka yang selalu berupaya memaksimalkan pengalaman dan kemampuan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja, pameran ini memperkuat mahasiswa dari aspek kreativitas, kepribadian, dan kemandirian

Demikian disampaikan  Ira R. Samri, Pg. Dipl., M.Ds, Ketua Program Studi Desain Produk, Craft, and Fashion Universitas Paramadina pada rangkaian kegiatan yang bertajuk PERKARA (Pameran Karya Desain Produk Paramadina) tanggal 31 Oktober – 8 November 2023 di Universitas Paramadina Kampus Cipayung. 

Lebih lanjut Ira menjelaskan bahwa kegiatan ini juga dimeriahkan dengan kegiatan Pameran Karya Mahasiswa – Dosen dan alumni, Maret Day, Seminar Desain dan SDG’s, Workshop membuat Keranjang Bambu, Lomba Sketsa Cepat, dan Temu alumni. 

“Rangkaian kegiatan ini merupakan wujud perkenalan dan eksistensi Universitas Paramadina sebagai kampus pertama yang memiliki Program Studi Desain Produk di wilayah Jakarta Timur.” Jelasnya.  

Dalam sambutan pembukaan Rektor Universitas Paramadina Prof. Didik J. Rachbini menyampaikan bahwa desain produk ini adalah profesi masa depan yang masih besar peluangnya dan akan terus berkembang. 

“Untuk itu kemampuan berkarya harus terus dibiasakan dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menghadirkan karyanya di tengah masyarakat seperti ini.” Ujarnya. 

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Lurah Setu Kecamatan Cipayung Kota Administrasi Jakarta Timur, Dwi Widiastuti, SE. Ia menyampaikan apresiasinya atas peran Universitas Paramadina bagi masyarakat sekitar, seperti adanya beasiswa untuk warga sekitar kampus. 

“Beberapa warga kami berhasil meraih beasiswa dan kini menjadi mahasiswa di Program Studi Desain Produk Craft, and Fashion.” Katanya.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Rekayasa, Universitas Paramadina, Dr. Harry T. Achsan, M.Kom. kegiatan tahunan ini merupakan kerjasama antara Program Studi Desain Produk, Craft, and Fashion dengan Inprodes didukung oleh Ikatan Alumni Desain Produk Universitas Paramadina. 

“Keterlibatan tiga pihak ini merupakan wujud kolaborasi antara mahasiswa dosen dan alumni dalam meningkatkan peran keilmuan desain, desainer profesional dan mahasiswa dalam meningkatkan kualitas masyarakat dan lingkungannya.” paparnya.

Lebih lanjut Ira memaparkan bahwa pameran ini menampilkan produk-produk karya akademik mahasiswa, disandingkan dengan karya non akademik, karya dosen dan karya alumni. Diantara karya tersebut, terdapat karya mahasiswa pemenang The Most Favourite Design in Design Boulevard di Pameran International Furniture Fair Indonesia IFFINA 2023 dan karya alumni Dwi Nuraini yaitu Lurik Canister Small yang diproduksi PT Homeware International Indonesia yang baru-baru ini memperoleh Best Design 2023 dari Good Design Indonesia dan GMark Jepang.

“Penghargaan bergengsi ini merupakan penghargaan tertinggi bagi karya desain produk di Indonesia. Selain pameran produk, kegiatan ini juga menampilkan area Market Day, yaitu ajang jual-beli produk dan kuliner unik yang diikuti oleh mahasiswa dan peserta umum.” Paparnya.

Komentar