Uji Coba Taksi Terbang dan Kereta Tanpa Rel di IKN Dijadwalkan Juli 2024

JurnalPatroliNews – IKN – Taksi terbang dan kereta tanpa rel (ART) yang akan menjadi salah satu moda transportasi canggih di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan segera menjalani uji coba pada Juli 2024 mendatang.

Mohammed Ali Berawi, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, mengungkapkan bahwa implementasi ITS di IKN akan membawa peningkatan efisiensi dan keamanan dalam mobilitas di kota tersebut.

“Momentum pembangunan IKN merupakan peluang besar untuk pengembangan dan penguasaan teknologi ITS dan moda transportasi inovatif, seperti kendaraan otonom dan advanced air mobility,” ucap Ali, dikutip Senin (6/5/24).

Sementara itu, Maeka Rindra Hariyanto dari Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda menyatakan bahwa uji coba taksi terbang akan dilakukan di kawasannya.

“Pada hari ini, kami menerima kunjungan dari produsen taksi terbang Hyundai Motors yang melakukan survei rencana uji coba di Bandara APT Pranoto Samarinda,” ujar Maeka beberapa waktu lalu, pada Rabu (7/2/24).

“Ini akan menjadi tempat yang pertama kali diuji coba penggunaan taksi terbang untuk IKN,” tambahnya.

Meskipun demikian, Maeka menegaskan bahwa hal tersebut masih opsional dan belum ada keputusan yang diambil dari pihak OIKN.

“Ini masih sifatnya survei awal, belum ada penetapan lokasi pasti. Mereka juga akan memikirkan bagaimana mendatangkan pesawat tersebut menggunakan kapal hingga nanti sampai ke Samarinda,” tandasnya.

Komentar