Gempa Darat Bermagnitudo 5,1 di Sukabumi Hingga Banten dan Bandung

JurnalPatroliNews – Bandung – Gempa tektonik bermagnitudo 5,1 mengguncang wilayah Sukabumi dan sekitarnya secara meluas, Minggu 1 Oktober 2023 pada pukul 11.00 WIB. Getaran gempa terasa kuat di Kota Sukabumi hingga terasa di daerah lain seperti Banten, Bogor, dan Bandung.

Di Kota Sukabumi, daerah Cisolok, gempa terasa dengan skala intensitas IV MMI. Getaran lindu terasa oleh banyak orang di dalam rumah.

Sementara di daerah Sawarna, Pelabuhan Ratu, Soreang Kabupaten Bandung, Cianjur, dan Cipanas, gempa terasa dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Di daerah Cibadak dan Bandung gempa terasa dengan skala intensitas II-III MMI. Adapun di daerah Bogor dan Lebak berskala intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, pusat sumber gempa bumi terletak pada koordinat 7,26 derajat Lintang Selatan dan 106,52 derajat Bujur Timur. “Tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 104 kilometer,” katanya lwwat keterangan tertulis, Ahad, 1 Oktober 2023.

Dari hasil pemutakhiran data BMKG gempa bermagnitudo 5,1. Gempa tergolong berkedalaman menengah. “Akibat deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Jawa Barat,” kata dia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau oblique thrust.

Berdasarkan pemantauan BMKG hingga pukul 11.25 WIB nihil aktivitas gempa bumi susulan. BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Komentar