2029 Kemiskinan di Bawah 6 Persen, Ekonom Soroti Target Prabowo-Gibran: Terlalu Mudah Diraih. . . !

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ekonom dari Institute for Demographic and Poverty Studies (Ideas) Yusuf Wibisono menyoroti target tingkat kemiskinan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Target kemiskinan di bawah 6 persen pada 2029 dari pasangan Capres Prabowo-Gibran, menurut saya, sangat biasa,” kata Yusuf, dikutip Selasa, 31 Oktober 2023.

Ia menyebutkan target kemiskinan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN adalah 6,5 persen pada 2024. Saat ini angka kemiskinan Indonesia masih di kisaran 9,36 persen pada Maret 2023.

Meski begitu, Yusuf menilai ini seharusnya tidak menghalangi pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk tetap progresif dalam menanggulangi kemiskinan.  

“Target angka kemiskinan di bawah 6 persen pada 2029 ini adalah target yang terlalu mudah diraih, karena angka kemiskinan di kisaran 6 persen seharusnya memang sudah kita raih di 2024,” tutur Yusuf.

Lebih jauh, Yusuf menyebut target kemiskinan pasangan Prabowo dan Gibran yang biasa-biasa saja ini terkonfirmasi oleh janji program penanggulangan kemiskinan mereka yang sekadar melanjutkan program pemerintahan saat ini, dengan tambahan program ala kadarnya.

Pengentasan kemiskinan menjadi salah 1 dari 17 program prioritas pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo dan Gibran memandang bahwa upaya pemberantasan kemiskinan ekstrem menuju 0 persen perlu dilakukan sesegera mungkin dalam 2 tahun pertama pemerintahan.

“Sementara untuk kemiskinan relatif ditargetkan di bawah 6 persen di akhir 2029,” begitu yang tertulis di dokumen Visi, Misi, dan Program Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029, dikutip rekan media pada Rabu, 1 November 2023.

Komentar