Alasan Pilih Zulhas dan Hadi, Jokowi: Punya Pengalaman Bagus dan Kerjanya Detail

JurnalPatroliNews– Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri baru di Kabinet Indonesia Maju, Rabu siang (15/6/2022) di Istana Negara.

Dua menteri yang dilantik adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) menggantikan M Lutfi. Dan Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil.

Presiden Jokowi usai pelantikan mengatakan pemilihan menteri baru berdasarkan rekam jejak dan pengalaman.

“Kita lihat semua, rekam jejak, pengalaman kemudian terutama untuk skil manajerial. Sekarang bukan cuma makro tapi mikro juga harus dikerjakan,” kata Jokowi.

Soal penunjukkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Jokowi menyebut lebih pada karena pengalaman dan track record yang bagus.

“Pak Zul dengan pengalaman dan track record kan sangat bagus. Pangan yang berkaitan dengan rakyat memerlukan kerja yang terjun ke lapangan,” sebutnya.

Sementara, untuk mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto. Presiden menyebut karena pengalaman teritori atau penguasan wilayahnya.

“Pak Hadi, sebagai mantan panglima, menguasai teritori. Kita juga tahu kalau ke lapangan kerjanya sangat detail,” ungkap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, berharap Hadi Tjahjanto bisa menyelesaikan sengketa tanah dan lahan.

“Sebanyak banyaknya harus diselesaikan, urusan sertifikat juga harus banyak bisa diselesaikan. Termasuk tanah dan lahan terkait IKN,” pungkas Jokowi. 

Komentar