Anies Baswedan Disebut Lebih Unggul Jika ‘Duel’ Dengan Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo

“Kita lakukan head to head ketika dilakukan head to head antara pak Anies dengan pak Ganjar nah jadi kami menemukan angka yang ini. Pak Anies 47,8 persen, pak Ganjar 43,9 persen,” kata Arya dalam paparannya, Senin (26/9/2022).

Menurutnya, dalam head to head ini ada 0,8 responden belum tentukan pilihan dan 7,6 persen responden tidak tahu, tidak jawaban atau menjawab rahasia.

Lalu ada head to head Ganjar melawan Prabowo, hasilnya Ganjar ternyata mengungguli Prabowo Subianto.

“Bagaimana head to headnya pak Ganjar dengan pak Prabowo? itu situasinya pak Ganjar 47,2 persen, pak Prabowo 45 persen jadi masih dalam rentang margin of erorr jadi bedanya sekitar 2,2 sementara mor kita 2,8 persen. 0,3 belum tentukan pilihan, 7,5 tidak tahu, tidak jawab atau menjawab rahasia,” ungkapnya.

Terakhir head to head Anies melawan Prabowo, hasilnya Anies kembali unggul dengan angka 48,6 persen.

“Ya pak Anies mendapat angka yang lebih besar 48,6 persen, pak Prabowo 42,8 persen jadi kami menguji dari tiga nama itu dari tiga kemungkinan,” tuturnya.

“Jadi tiga-tiganya dapat kesempatan yang sama pak Prabowo dua kali pengujian pak Anies dua kali pengujian kemudian pak Ganjar dapat dua kali pengujian,” sambungnya.

Untuk diketahui, survei ini dilakukan pada periode 8 sampai 13 Agustus 2022 di mana populasi survei penduduk Indonesia berusia 17 sampai 39 tahun.

Kerangka sampel berasal dari populasi penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020.

Penarikan sampel dilakukan secara acara atau multistage random sampling.

Jumlah sampel 1200 responden tersebar proporsional di 34 Provinsi.

Setelah menggunakan kendali mutu data yang valid dianalisis sebesar 1192 sampel. Margin of erorr +/- 2,84 persen tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar