Bupati dan Wakil Sambangi Ditjen P2P Terkait DAK dan PCR

JurnalPatroliNews – Jakarta – Bupati Minahasa, Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati, Dr (HC) Robby Dondokambey SSi mengunjungi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI khususnya di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dan diterima langsung Plt Dirjen P2P, dr Maxi Rondonuwu DHSM MARS, Kamis (7/10/2021).

Dalam kesempatan bertemu dengan mantan Kadis Kesehatan Provinsi Sulut itu, Bupati dan Wabup Minahasa pun memohonkan enam hal yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Tahun 2022 dan penyediaan pemeriksaan PCR di RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano.

“Untuk PCR yang kami mohonkan disertai pengurusan izin operasional sehingga bisa diakses oleh pelaku perjalanan masyarakat Minahasa sehingga tentu rakyat Minahasa yang akan melakukan perjalanan mendapat kemudahan tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota lain,” terang Bupati Minahasa.

Selain itu juga ditambahkan Wabup Robby Dondokambey, Pemkab Minahasa turut mengajukan permohonan bantuan vaksin dan rapid antigen.

Terkait fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Minahasa, pemimpin yang sangat dekat dengan rakyat itu mengajukan surat izin operasional bagi Puskesmas Tompaso Barat permohonan pembangunan Puskesmas Tondano Barat dan Puskesmas di Kawangkoan.

“Apabila permohonan kita soal pembangunan Puskesmas di wilayah Kecamatan Tondano Barat dan di Kecamatan Kawangkoan diterima, Tuhan berkenan maka nantinya di akhir kepemimpinan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati, di Kabupaten Minahasa sudah ada puskesmas di masing-masing kecamatan,” kata Bupati Roring lagi.

Sementara itu, dr Maxi Rondonuwu yang secara definitif menjabat Sesditjen P2P itu merespon positif permohonan Pemkab Minahasa yang dibawa langsung oleh Bupati Royke Roring dan Wabup Robby Dondokambey.

Rondonuwu yang juga mantan Direktur RSU Prof R D Kandou Manado itu berjanji akan mempelajari dan menindaklanjuti permohonan tersebut, apalagi beliau adalah putera daerah Sulut yang dipercayakan pimpinan berkarir di Kemenkes.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati dan Wabup turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr Maya Rambitan MKes, Sekretaris Dinas Kesehatan, dr Gabby Doaly dan Direktur RSUD Sam Ratulangi, dr Nancy Mongdong SPpD.

(FerdinandRanti)

Komentar