Elektabilitas Prabowo Tetap Unggul di Atas Ganjar, Peta Koalisi Menghangat, Anies…..?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Keunggulan elektabilitas Prabowo, tercatat dalam survei terbaru Indikator Publik Nasional (IPN) yang menggelar survei terkait elektabilitas calon presiden Pemilu 2024.

Dinamika peta koalisi yang belakangan menghangat tidak mempengaruhi elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo, unggul dari dua figur potensial yang akan menantangnya di Pilpres 2024, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Peneliti IPN, Ike Sihotang, mengatakan, dalam simulasi tertutup tiga nama, responden diberikan pertanyaan, “seandainya Pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini dan hanya diikuti oleh tiga calon, siapakah yang akan anda pilih?”.

“Hasil survei menunjukkan Prabowo Subianto mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan 42,3 persen,” kata Ike dalam paparan survei secara virtual, Senin (10/7).

Di bawah Prabowo, menyusul Ganjar yang mendapatkan pilihan 37,4 persen, dan Anies di angka 17 persen. Sementara, ada 3,3 persen responden menjawab tidak tahu.

Survei ini digelar pada 17 hingga 27 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling.

Metode survei dilakukan dengan wawancara langsung atau direct interview dengan bantuan kuesioner. Adapun margin of error survei +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar