Gibran Buka-bukaan Soal Skema Makan Siang Gratis India, Berapa Biayanya..?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dalam upaya memperluas wawasan dan terobosan ke depan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Indonesia telah menginisiasi kunjungan tingkat tinggi ke India pada tanggal 1-5 April 2024, sebagai bagian dari agenda strategis untuk mendukung visi Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Delegasi ini, yang dipimpin oleh Kementerian, bertujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang “Midday Meal Scheme” atau Skema Makan Siang di India, sebuah program yang telah terbukti sukses dalam memberikan makanan gratis kepada siswa sekolah di India.

“Baru-baru ini, Bapak Gibran Rakabuming, Wakil Presiden terpilih dan Walikota Surakarta saat ini, dalam pertemuannya dengan Sandeep Chakravorty, Duta Besar India, juga mengapresiasi keberhasilan India dalam memberikan makanan gratis kepada siswa sekolah,” tulis keterangan tersebut, seperti dikutip Sabtu (6/4/2024).

Dari keterangan tersebut diketahui bahwa Gibran mengatakan, “mengambil contoh dari India adalah hal yang tepat, mengingat keberhasilan nyata dari program makan siang di sekolah dan jumlah populasi negara tersebut yang relatif sebanding.”

Sebelumnya, Gibran telah mengirimkan tim ke India untuk mempelajari program makan siang gratis ini, sebagai bagian dari persiapan menuju implementasi serupa di Indonesia. Ia menekankan pentingnya agar program tersebut tidak membebani anggaran negara, serta menyoroti keefisienan sistem logistik dan dapur pusat yang menjadi kunci keberhasilan di India.

Gibran juga mencatat bahwa meskipun ada banyak negara yang menerapkan skema makan siang gratis, India menjadi pilihan utama karena keberhasilannya yang telah terbukti dengan jumlah penduduk yang besar.

“Ada 76 negara (menerapkan makan siang gratis) dengan skema yang berbeda-beda. India yang sudah jalan. India jumlah penduduk yang banyak banget,” ujar dia.

Komentar